CV ATS vs CV Kreatif, Mana yang Lebih Menarik di Mata Rekruter?

Like

Elemen Penting dalam Membuat CV yang Menarik

Dalam membuat CV, baik menggunakan format ATS Friendly maupun kreatif, ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan untuk memastikan CV tampak menarik dan lolos tahap screening HRD.

1. Struktur dan Format

  • Heading yang Jelas, Bagian seperti Pengalaman Kerja, Pendidikan, Keterampilan, dan Kontak harus jelas dan mudah ditemukan.
  • Penggunaan Poin-Poin, Menggunakan poin-poin untuk menjelaskan tanggung jawab dan pencapaian membuat CV lebih mudah dibaca.
  • Konsistensi, Gunakan format yang konsisten untuk seluruh dokumen, termasuk jenis dan ukuran font.


2. Konten yang Relevan

Gunakan kata kunci yang relevan dengan posisi yang dilamar. Baca deskripsi pekerjaan dengan cermat dan identifikasi kata kunci yang penting.

Fokuskan pada pengalaman kerja yang relevan dengan posisi yang Anda lamar. Jelaskan tanggung jawab dan pencapaian secara detail.

Sebutkan pencapaian yang dapat diukur, seperti peningkatan penjualan, penyelesaian proyek penting, atau penghargaan yang diterima

 

3. Personal Branding

Sertakan ringkasan diri yang singkat dan menarik di bagian atas CV. Jelaskan siapa kamu, apa yang kamu cari, dan apa yang dapat ditawarkan.

Biarkan kepribadian kamu bersinar, terutama dalam CV kreatif. Namun, pastikan tetap profesional.

 

4. Detail Teknis

Hal yang tak boleh dilewatkan juga adalah memastikan tidak ada kesalahan tata bahasa atau ejan dalam CV. Meskipun terlihat kecili dan sepele, kesalahan kecil ini bisa membuat CV terlihat tidak profesional.

Sertakan juga informasi kontak yang lengkap dan jelas. Termasuk nomor telepon dan alamat email yang aktif.

Jika relevan, sertakan tautan ke portofolio online kamu.