Apakah CV ATS Selalu Efektif untuk Melamar Kerja? Cek Dulu Kondisinya?

Ilustrasi Interview Kerja (Sumber gambar : pexels.com/cottonbro studio)

Ilustrasi Interview Kerja (Sumber gambar : pexels.com/cottonbro studio)

Like

CV atau curriculum vitae merupakan dokumen yang paling penting bagi seorang pelamar kerja, setiap lowongan kerja pasti meminta CV sebagai persyaratan wajib. Sayangnya, yang jadi perdebatan adalah lebih baik menggunakan CV ATS atau CV Kreatif ya? 

Melalui CV sebuah perusahaan dapat mengetahui tentang biodata, pendidikan, keahlian serta pencapaian dari si pelamar. Lalu yang sedang trend bagi pelamar kerja saat ini adalah CV ATS friendly, apa itu CV ATS friendly?

Menurut laman jobstreet yang dimaksud ATS atau Applicant Tracking System adalah sebuah sistem yang membantu perekrut untuk melakukan seleksi calon karyawan dengan praktis dan cepat.

Baca Juga: CV ATS vs CV Kreatif, Mana yang Lebih Penting?

Sebenarnya fungsi dari ATS sendiri adalah untuk mengumpulkan dan menyortir berdasarkan posisi lamaran yang sedang dibuka.  


Walaupun sedang trend, tetapi tidak semua perusahaan menggunakan sistem ini. Intinya apapun format CV akan lebih efektif apabila kita mengetahui terlebih dahulu perusahaan yang akan kita lamar, karena baik CV ATS friendly dan CV biasa memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.