CV ATS Friendly Cara Memikat HRD, Begini Caranya!

Sumber Gambar: Jatim Network

Sumber Gambar: Jatim Network

Like

Applicant Trancking System (ATS) atau disebut CV ATS Friendly merupakan Curriculum Vitae (CV) dengan desain khusus agar mudah terbaca oleh sistem. Sehingga, CV ATS memiliki peluang besar unuk dilihat HRD.

ATS dirancang dengan menggunakan algoritma untuk mencari kata kunci tertentu dalam CV,  Sistem ATS digunakan oleh perusahaam dalam membantu proses penyeleksian calon karyawan dengan melakukan scanning atau pencarian kata kunci tertentu dalam CV.

Oleh karena itu, CV ATS Friendly harus mempertimbangkan aspek-aspek seperti pemilihan kata kunci yang relevan, penggunaan template yang sederhana, font yang mudah dibaca, format sederhana serta format file yang jelas.

Apabila format CV kurang sesuai maka ATS bisa kesulitan dalam membacanya, sehingga software tersebut tidak dapat menangkap semua informasi yang ada pada CV. HRD tidak pernah melihat langsung CV pelamar, hal ini karena banyaknya lamaran yang masuk, sehingga perusahaan menggunakan ATS untuk mempercepat proses perekrutan.

ATS akan menyaring CV yang tidak sesuai dengan kriteria, dan hanya menampilkan CV yang cocok dengan perusahaan.


Sekarang, sobat Be-emers sudah paham bukan mengenai pentingnya menggunakan CV ATS Friendly dalam melamar pekerjaan? Nah, bagaimana cara membuat CV ATS Friendly agar dilirik HRD? Yuk langsung simak langkah-langkahnya!

Baca Juga: Apakah CV ATS Selalu Efektif untuk Melamar Kerja? Cek Dulu Kondisinya?

 

Langkah-langkah Membuat CV ATS Friendly Agar Menjadi Pemikat HRD

Melakukan Riset

Apabila hendak memulai menulis CV, pahami terlebih dahulu posisi yang akan dilamar. Pelajari mengenai detail deskripsi lowongan kerja, seperti kualifikasi, keterampilan, serta pengalaman.

Pastikan mengetahui kata kunci penting yang berkaitan dengan pekerjaan yang akan dilamar. Sehingga kata kunci yang dimasukkan ke dalam CV bisa terbaca oleh ATS serta mengetahui kriteria yang dicari.