Fresh Graduate Boleh Enggak Sih Punya Ekspektasi Gaji Terlalu Tinggi?

Like

Fresh Graduate Mesti Realistis Soal Gaji

Perihal gaji sebenarnya menjadi faktor penting karena menyangkut seberapa besar pengorbanan yang dilakukan seseorang dalam mendapatkan gaji tersebut. Pengorbanan ini berupa risiko, tanggung jawab dan komitmen. Maka semakin besar hal tersebut, semakin besar pula yang akan didapatkan.

Sebenarnya bukan menjadi masalah, karena pada dasarnya manusia memiliki kebebasan dalam menentukan sesuatu yang ingin diraih. Tetapi sebagai seorang fresh graduate, menjadi realistis itu juga diperlukan. Seorang fresh graduate perlu menilai diri sendiri, apabila masih minimnya pengalaman maka tidak ada salahnya bahwa harus menerima dengan gaji standar.

Menurut sobat Be-emers, nominal gaji yang rasional berapa sih? Sebenarnya itu semua juga tergantung pada bidang studi yang ditekuni lalu membuat perhitungan gaji di sektor bidang masing-masing. 

Baca Juga: Berapa Sih Gaji Fresh Graduate di BUMN?

Nah bagi fresh graduate dalam mencari kerja tentunya bukanlah hal yang mudah, namun tidak serta merta mengklaim bahwa seseorang dengan memiliki pengalaman kerja juga akan lebih mudah dalam mendapatkan pekerjaan. Karena hal tersebut tidak sepenuhnya benar.


Oleh karena itu, yang terpenting bukanlah seberapa besar gaji yang didapatkan melainkan seberapa besar upaya untuk mendapatkannya. Bagi seorang fresh graduate yang belum memiliki pengalaman, maka gaji pertama bukanlah hal yang menjadi masalah dan tidak patut untuk dipikirkan berlebihan.

Namun, apabila gaji yang didapatkan berbeda dari ekspektasi, berarti lebih menggiatkan diri untuk mencari pengalaman sebanyak-banyaknya. 





----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Whatsapp Group kami! Klik di sini untuk bergabung