Berapa Sih Gaji Fresh Graduate di BUMN?

Instagram Bisnis Muda

Instagram Bisnis Muda

Like

Rekrutmen bersama BUMN 2023 kembali dibuka. Ada lebih dari 120 grup BUMN yang bisa dipilih oleh masyarakat Indonesia sesuai persyaratan. Rekrutmen ini menjadi rebutan para pencari kerja. Berapa sih gaji fresh graduate di BUMN sampai jadi rebutan?

Bekerja di BUMN jadi salah satu tujuan favorit pada fresh graduate. Banyak yang berlomba-lomba untuk mendaftar ke BUMN setelah lulus kuliah. 

Lowongan kerja BUMN juga jadi salah satu yang ditunggu-tunggu oleh banyak orang. Itu semua karena para pencari kerja berpikir bahwa bekerja di BUMN akan mendapat jaminan, baik kesehatan dan untuk masa pensiun.

Selain itu banyak yang berpendapat bahwa gaji di BUMN relatif tinggi jika dibandingkan dengan tempat-tempat lain. Memang berapa sih gaji di BUMN?


Gaji Pegawai BUMN


Tidak hanya fresh graduate, berikut adalah gaji pegawai di BUMN terpilih. 


Baca Juga: 3 Hal yang Perlu Dihindari Biar Gaji Enggak Gampang Habis


1. PT Kereta Api Indonesia (Persero)


Sesuai namanya, BUMN ini berfokus pada transportasi kereta api di Indonesia. Jika berhasil diterima di BUMN ini, maka bisa ditempatkan di berbagai wilayah di Indonesia. 

Fresh graduate akan mendapat gaji Rp3 juta - Rp5 juta per bulan. Nominal ini belum termasuk bonus kinerja, transportasi, dan tunjangan anak serta istri. 

Beda lagi dengan masinis, rata-rata gajinya Rp9 juta per bulan. Assistant Manager Adminstrasi/Pelayanan Pelanggan sebesar Rp8 juta - Rp10,5 juta per bulan dan level manajerial sebesar Rp10 juta - Rp15 juta per bulan.


2. PT Pertamina (Persero)


BUMN ini sudah lebih dari enam dekade memberikan energi ke seluruh Indonesia dan beberapa wilayah di luar negeri. Penempatan pekerjanya juga bisa di berbagai wilayah di Indonesia.

Gaji yang akan diterima pekerjanya sangat beragam. Fresh graduate bisa menerima Rp5 juta -Rp8 juta per bulan. Jabatan administrasi bisa mendapat Rp19 juta - Rp23 juta. 

Jabatan-jabatan teknik akan mendapat gaji yang lebih tinggi, Engineer Rp19 juta - Rp23 juta, Site Engineer Rp30 juta - Rp50 juta, dan Drilling Supervisor Rp30 juta - Rp50 juta.

Semua nominal di atas belum termasuk dana pensiun, kendaraan dinas, rumah dinas, dan tunjangan bonus.

Baca Juga: Ini Manfaat Slip Gaji yang Harus Diketahui!


3. Perbankan BUMN


Gaji untuk fresh graduate di bank BUMN seperti BRI, Mandiri, BNI, hingga BTN tidaklah jauh berbeda.

Staff Bank BUMN bisa mendapat Rp4 juta - Rp8 juta per bulan dan sudah termasuk tunjangan. Sedangkan Management Trainee bisa mendapat Rp5 juta - Rp8 juta per bulan.


4. PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk


Jaringan telekomunikasi di Indonesia ditangani oleh BUMN ini. Ada beberapa anak perusahaan juga yang dinaungi oleh Telkom. Seperti BUMN lain, pekerjanya bisa ditempatkan di seluruh wilayah di Indonesia.

Management Trainee di Telkom bisa digaji Rp7 juta - 8 juta per bulan. Sedangkan untuk Fresh graduate bisa mendapat hingga Rp10 juta per bulan. Senior Manager Rp30 juta - 40 juta per bulan dan Product Manager bisa mencapai Rp80 juta per bulan.

Kamu jadi tertarik buat daftar rekrutmen bersama BUMN enggak nih? 

Artikel ini juga tersedia dengan visual yang lebih menarik di Instagram Bisnis Muda lho, Be-Emers!

Pastikan kamu melihatnya dengan klik foto di bawah ini, ya!

Jangan lupa tinggalkan kritik, saran, atau masukan di kolom komentar!

Instagram Bisnis Muda

Instagram Bisnis Muda


Punya opini atau artikel untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 

Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.