4 Tips Membuat CV yang Baik Supaya DIlirik Rekruter

Membuat CV (Curiculum Vitae) yang baik mendekatkan kita untuk dapat panggilan wawancara. Sumber Gambar: Pixabay

Membuat CV (Curiculum Vitae) yang baik mendekatkan kita untuk dapat panggilan wawancara. Sumber Gambar: Pixabay

Like
Sebaik apapun kompetensi dan keahlian kita, kalau tidak dijabarkan secara baik dan tepat, maka akan menutup kesempatan kita untuk menunjukkan kompetensi tersebut di suatu perusahaan. Oleh karena itu, sebelum bergabung ke suatu perusahaan sebaiknya kita membuat Curriculum vitae (CV) yang baik. 
 
CV sangat penting ketika melamar pekerjaan. Hal ini karena CV bisa membuat kesan pertama kali yang baik. CV memberi kesempatan kepada kita untuk menyajikan pengalaman dan keterampilan kita sesuai kompetensi yang dibutuhkan perusahaan.
 
CV juga menyediakan informasi yang dapat dipelajari oleh Human Resource Development (HRD) atau pengarah dan memungkinkan mereka untuk menilai kemampuan dan kelayakan kita untuk pekerjaan.
 
Untuk dapat membuat CV yang baik sehingga kita memiliki kesempatan yang lebih besar untuk dapat melanjutkan ke tahapan seleksi selanjutnya, berikut tipsnya. 

1. Kelengkapan Data Diri

Data diri yang baik meliputi nama; personal profile yang diuraikan menjadi kita di masa lampau, yang kita kerjakan saat ini, dan keinginan kita di masa depan, tulis yang baik-baik tetapi tidak berlebihan atau asli dari kita; pengalaman misal untuk yang baru lulus bisa ditulis pernah menjadi ketua kelas, ketua PMR, atau yang lain; kemudian ada keahlian atau skill, yang dimaksud disini adalah hard skill, seperti keahlian video editing, coding, dan yang lain. Kemudian yang terakhir adalah pendidikan, contoh pendidikan terakhir SMA Jurusan IPS