Persiapan Peluncuran PlayStation 5, Ini Sumber Cuan Sony Hingga Juni 2020

PlayStation Illustration - Canva

PlayStation Illustration - Canva

Like

Salah satu perusahaan terbesar asal Jepang, Sony Corp., memang terkenal dengan produk teknologinya yang keren-keren. Di tengah persiapan launching PlayStation 5, Sony rupanya telah mencatatkan sejumlah keuntungan hingga Juni 2020.

Dari sekian banyak produk teknologi buatannya, produk permainan atau games ternyata jadi pemicu keuntungan Sony lho! Berdasarkan data Bloomberg, hingga Juni 2020, laba operasional Sony sudah mencapai 228 miliar yen atau setara US$2,15 miliar.

Jumlah tersebut rupanya melebihi prediksi para analis, yang sebelumnya memperkirakan keuntungan Sony hanya berkisar 137 miliar yen saja. Meski begitu, Sony sendiri juga sempat memperkirakan akan meraih keuntungan hingga 620 miliar yen pada tahun berakhir Maret.

Selain itu, berdasarkan data The Verge yang dilansir Bisnis.com, Sony juga telah meraih pertumbuhan penjualan video game hingga 83 persen sepanjang kuartal I/2020. Dengan meraih 395 triliun yen atau setara US$3,72 miliar, peningkatan penjualan tersebut diraih lewat layanan PlayStation Plus.

Adapun, game yang jadi pemicu peningkatan penjualan Sony adalah The Last of Us part II dan Ghost of Tsushima. Dikutip dari Bloomberg, pihak Sony juga berencana akan membeli kembali 1,64 persen sahamnya senilai 100 miliar yen.
 

Tantangan PlayStation

Keuntungan yang diraih Sony, sayangnya enggak sejalan dengan penjualan hardware-nya nih. Terutama pada produk video game dalam bentuk fisik untuk PlayStation 4, yang justru penjualan keduannya turun hingga 22 persen.


"Hasil unit PlayStation, yang menunjukkan penjualan perangkat lunak luar biasa yang bahkan melebihi momentum selama musim liburan akhir tahun baru-baru ini, jelas merupakan kejutan positif yang besar," kata Hideki Yasuda, seorang analis di Ace Research Institute, dikutip Bloomberg (4/8).

Diketahui, perangkat lunak PlayStation, yakni Playstation Plus telah memiliki 3,4 juta pengguna dan 44,9 juta subscribers. Angka ini merupakan yang terbesar sejak laporan Sony pada bulan Maret 2018 lalu.

Meski begitu, sepanjang April hingga Juni 2020, diketahui pendapatan Sony lewat penjualan PlayStation 4 meningkat 36 persen dibanding periode yang sama tahun 2019. Bahkan, hingga kini tercatat sudah ada sekitar 112 juta PlayStation 4 yang sudah dijual ke seluruh dunia.

Sementara itu, terkait rencana peluncuran PlayStation generasi 5, pihaknya berencana akan merilis dua versi konsol: satu dengan drive disk Blu-ray dan satu tanpa. Meski begitu, Sony belum mengungkapkan harga untuk kedua model tersebut.