Algoritma Youtube 2020 Berubah? Yuk, Simak Ulasannya! 

Algotirma Youtube 2020 berubah (Format: pixabay.com)

Algotirma Youtube 2020 berubah (Format: pixabay.com)

Like

Dilansir melalui Liputan6.com, Youtube mengubah algoritmanya akhir-akhir ini karena banyak indikasi kecurangan di kalangan para konten kreator. Memulai menjadi seorang youtuber awalnya terlihat sangat mudah.

Namun, ternyata untuk mendapatkan viewer bahkan subscriber yang aktif, nyatanya sulit. Bahkan, beberapa content creator menggunakan jasa iklan untuk memasarkan kontennya. 

Untuk itu, di tahun 2020 ini, banyak sekali media dan para content creator yang mengemukakan bagaimana sebenarnya algoritma Youtube itu bekerja. Nah, apa saja kriterianya supaya video kamu dapat menuai banyak viewers?

Yuk, simak update terbaru dari algoritma Youtube tahun 2020! 


Tentukan Niche

Nah, menurut ulasan para youtuber, memiliki konten yang niche akan mempermudah kamu untuk mendapatkan viewers yang banyak dan juga berkesinambungan ke depannya. Ini dikarenakan setiap orang yang datang melihat channelmu, berarti mereka memang memiliki ketertarikan dan intensi ingin tahu lebih tentang konten yang mereka cari. 

Jika mereka menemukan bahwa konten kamu menarik, maka sudah pasti mereka akan tertarik untuk subscribe channelmu. Untuk itu, tentukan dengan jelas apa fokus bidangmu. Lalu, usahakan membuat konten minimal 4 menit.

 

Hindari Misleading Thumbnail 

Hal yang satu ini sifatnya krusial banget, guys! Kalau kamu sampai kasih konten yang kurang sesuai sama apa yang ada di Thumbnail, jangan harap viewers kamu akan melakukan interaksi dengan Youtube channel kamu.

Monetisasi saat ini bisa dilakukan jika kamu sudah memiliki 1000 subscribers dan total seluruh video kamu sudah 4000 jam tayang. Hal in dilakukan untuk menghindari berbagai kecurangan yang ada di Youtube. 
 

Keyword Search Friendly 

Kata kunci untuk headline kamu itu perlu dibuat semenarik mungkin. Menarik dalam hal judul di sini berarti memang menjadi jawaban dari pertanyaan dan solusi permasalahan banyak orang.

Jadi, ini juga hal yang paling penting untuk kamu lakukan. Untuk itu, video Youtube kamu nanti bisa memiliki konten yang jelas alur dan strukturnya.


Content is the King! 

Mau diakali bagaimanapun, kita sebagai penonton jelas lebih pandai menilai mana konten yang bermanfaat, mana yang tidak. Maka saat membuat konten, usahakan selalu berkaca pada minat dari target audiens kamu.

“Apakah konten ini relevan dengan usia mereka?”

Mulailah dari mengatur alur konten yang baik. Sehingga, videomu sifatnya tidak bosan, menarik, dan lebih mudah dipahami. Intinya, video atau kontenmu dapat menjawab kebutuhan bagi mereka yang melakukan pencarian.

Nah, jika konten kamu selalu tampil relevan, maka sudah bisa dipastikan kontenmu bisa menjadi trending topic di kalangan niche kamu, lho!  Itu dia seputar Youtube hari ini!

Jika kamu menemukan ada hal penting lainnya yang masih kurang, silakan tambahkan dalam kolom komentar, ya! Jangan lupa sign in terlebih dahulu dan dapatkan informasi mengenai Startup dan kabar lain setiap harinya di Bisnis Muda!