Pentingnya Digitalisasi Bagi UMKM Agar Tak Mudah Gulung Tikar

Like

4. Meningkatkan awareness produk UMKM

Dengan memanfaatkan media sosial dan melakukan campaign atau iklan membuat produk atau layanan UMKM kalian mudah dikenal. Bahkan bisa menjadi top of mind banyak orang ketika mereka sering melihat produk UMKM kalian berseliweran di media sosial. 
 

5. Membuka peluang kolaborasi dan kemitraan

Bisa jadi produk atau layanan UMKM yang kalian miliki dapat berkolaborasi dengan pengusaha UMKM lainnya yang dapat saling melengkapi. Sehingga menambah nilai jual serta semakin dikenal secara luas oleh banyak orang. 

Namun, semua hal tersebut harus dilakukan tidak semata-mata hanya mengunggah produk atau layanan UMKM yang dimiliki. Melainkan harus tetap menggunakan strategi agar tetap efisen dan ampuh dalam proses digitalisasi, diantaranya:

Baca Juga: Penyebab UMKM Gulung Tikar, Jangan Kamu Tiru Supaya Enggak Boncos! 

 

Strategi Digitalisasi UMKM

1. Pemahaman terhadap tujuan dan kebutuhan bisnis

Ketahui dulu apa tujuan paling utama untuk UMKM kalian dalam proses digitalisasi ini, apakah untuk meningkatkan penjualan, efisensi, atau memperluas pasar.
 

2. Pahami SEO dan Pemasaran Digital

Tujuan Search Engine Optimization (SEO) untuk meningkatkan kata kunci pencarian agar pelanggan mudah menemukan produk atau layanan UMKM yang kalian miliki. 
 

3. Optimalkan media sosial

Caranya dengan konsisten membuat konten yang relatable bagi para konsumen. Sehingga para konsumen atau followers merasa produk atau layanan UMKM memahami ‘isi hati’ para konsumen. 


Pentingnya digitalisasi bagi UMKM terbukti dari data Kementerian Perdagangan, nilai transaksi melalui digital mencapai Rp533 triliun per 2023.

Nilai tersebut meningkat dibanding 2019 yang nilainya hanya Rp476 triliun. Dengan melakukan digitalisasi dan mengikuti perkembangan zaman, dapat dipastikan UMKM tidak akan mudah gulung tikar. Kalian setuju? 












----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Whatsapp Group kami! Klik di sini untuk bergabung