Yuk, Kenalan dengan Green Jobs dan Peluang Karirnya!

Green Jobs sebagai peluang lapangan pekerjaan di masa depan (Sumber gambar: Canva)

Green Jobs sebagai peluang lapangan pekerjaan di masa depan (Sumber gambar: Canva)

Like

Di masa yang serba berkelanjutan seperti sekarang ini, green jobs menjadi pilihan pekerjaan yang sesuai karena sama-sama bertujuan untuk menjaga kelestarian lingkungan dan mendukung ekonomi hijau. Saat ini juga banyak negara yang mulai beralih ke ekonomi hijau yang menciptakan peluang lapangan pekerjaan green jobs baik di semua sektor industri. 

Green jobs berfokus pada meminimalisasi dampak negatif terhadap ekosistem dan menerapkan praktik ramah lingkungan.

Green jobs meliputi bidang pekerjaan yang terkait dengan pasokan energi yang bersumber dari energi terbarukan, seperti halnya efisiensi energi terutama di gedung dan konstruksi transportasi, industri pengolahan limbah dan daur ulang, pertanian, dan kehutanan. 
 

Green Jobs sebagai peluang lapangan kerja di masa depan/Canva

Green Jobs sebagai peluang lapangan kerja di masa depan/Canva


Apa itu Green Jobs?

Secara sederhana, green jobs adalah jenis pekerjaan yang mendukung pelestarian lingkungan. Adapun jenis pekerjaan ini memiliki tujuan untuk melestarikan lingkungan, menjaga keberlanjutan kehidupan, membuka lapangan pekerjaan baru dan membantu pertumbuhan ekonomi di suatu negara. 

Menurut International Labour Organization (ILO), green jobs menjadi sebuah gerakan dari perekonomian dan masyarakat untuk bisa melestarikan lingkungan untuk jangka panjang.


ILO juga menetapkan lima tujuan green jobs diantaranya yakni melindungi dan memulihkan ekosistem, meningkatkan efisiensi energi dan bahan baku, meminimalisir limbah dan polusi dari proses produksi, mendukung adaptasi terhadap perubahan iklim, dan membatasi emisi gas rumah kaca. 

Selain itu, posisi dalam green jobs juga bisa ditemukan di ragam bidang seperti pertanian, manufaktur, penelitian dan pengembangan, administrasi, serta layanan. Dengan demikian green jobs juga bisa dibilang menjadi simbol dari perekonomian dan masyarakat yang lebih berkelanjutan. 
 

Beberapa pekerjaan yang termasuk ke dalam green jobs/Canva

Beberapa pekerjaan yang termasuk ke dalam green jobs/Canva