Bisnis Bareng Teman? Ini 3 Tips Supaya Langgeng!

Like

2. Laporan Keuangan yang Profesional

Tidak kalah pentingnya, mengetahui arus cashflow berbisnis juga poin utama yang harus diketahui. Seberapa maju usaha kita akan diketahui apabila kita memiliki arus kas yang jelas, hasil perhitungan keuntungan usaha yang pasti serta pengeluaran yang tidak membengkak dari laporan bulanan.

Jangan sampai membuka usaha malah tidak mengetahui bahwa sebenarnya usaha tersebut sudah banyak defisit dibandingkan surplus. 
 

3. Saling Memiliki Sifat Pebisnis

Artinya, sifat-sifat profesional seperti kedisplinan, saling percaya, toleransi, bersikap adil dan sebagainya harus dimiliki seorang pebisnis.

Baca Juga: Berbisnis dengan Partner, Ini Tipsnya Agar Langgeng dan Sukses

Karena pertemanan dan berbisnis adalah dua hal yang berbeda, jangan sungkan untuk bersikap lebih tegas saat seorang teman melakukan segala sesuatunya tidak sesuai SOP yang ada.

Kesimpulannya, berbisnis dengan teman memang memiliki banyak keuntungan tetapi tidak bisa dipungkiri bahwa resiko yang ada juga cukup besar, sehingga melakukan tiga poin ini sangat diperlukan, yaitu perjanjian tertulis dibawah naungan hukum, laporan keuangan yang profesional serta memiliki sifat-sifat pebisnis. Nah, be-emers ada yang terpikir untuk memulai bisnis bersama rekan temannya?


#Mon-FridayChallengeJuli






----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Whatsapp Group kami! Klik di sini untuk bergabung