Sejumlah Operator Perusahaan Seluler Ikut Lelang Pita Frekuensi Kominfo, Untuk Apa?

Tower Illustration - Canva

Tower Illustration - Canva

Like

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bakal mengadakan lelang pita frekuensi radio 2300 MHz tahun ini. Lelang tersebut ditujukan untuk keperluan layanan wireless broadband (pita lebar nirkabel).

Sejumlah perusahaan operator seluler pun mengikuti lelang tersebut nih, Be-emers. PT XL Axiata Tbk menjadi salah satu yang mengikuti lelang frekuensi radio 2300 MHz ini.

“Frekuensi merupakan sumber daya terbatas dan kami masih membutuhkan untuk perluasan kapasitas jaringan XL Axiata,” ungkap Group Head Corporate Communication XL Axiata Tri Wahyuningsih, dikutip dari Bisnis.com.

Diketahui, pihak XL lagi memanfaatkan lebar pita hingga 45 MHz, yang mampu melayani lebih dari 50 juta pelanggan.

Sementara itu, PT Smartfren telecom Tbk juga diketahui ikut dalam lelang ini lho. Adapun, Smartfren punya lebar pita 30 MHz di pita 2300 MHz.


Meski begitu, Ketua Program Studi Magister Teknik Elektro ITB Ian Yosef, dilansir dari Bisnis.com, prospek paling besar justru ada di pihak Telkomsel dan Smartfren nih. Soalnya, kedua operator itu sudah mengantongi bandwidth di pita 2300 MHz.
 

Kesempatan 5G

Jika menang lelang, operator seluler tersebut akan berpeluang menggelar jaringan 5G!

Menurut Ian, pita 2300MHZ cocok untuk 5G karena sudah banyaknya handset yang mendukung 5G di pita frekuensi radio 2300 MHz. Selain itu, para vendor punbisa mengaktifkan 5G di seluruh gadget yang ada di Indonesia.

Meski begitu, regulasi 5G dinilai masih belum sempurna dalam waktu dekat ini.