5 Cara Cerdas Meminjam di Bank Keliling: Tips dan Trik Agar Tidak Terjebak

Ketika ingin meminjam dari bank keliling kamu harus memerhatikan beberapa hal berikut (Sumber: Pexels)

Ketika ingin meminjam dari bank keliling kamu harus memerhatikan beberapa hal berikut (Sumber: Pexels)

Like
Bank keliling merupakan salah satu alternatif cepat bagi pelaku usaha kecil menengah (UKM) yang membutuhkan modal tambahan dalam waktu singkat. Hal ini terjadi, karena adanya kemudahan akses dan proses yang cepat menjadi daya tarik tersendiri. 

Namun, di balik kemudahan tersebut terdapat risiko terjebak dalam lingkaran utang jika tidak cermat. Kali ini, kita akan memberikan tips dan trik agar kamu bisa meminjam di bank keliling dengan cerdas dan aman.

 

Tips Meminjam di Bank Keliling

1. Bandingkan Beberapa Penawaran

Jangan terburu-buru memilih penawaran pertama. Bandingkan bunga, jangka waktu pinjaman, dan syarat lainnya dari beberapa bank keliling.

Perhatikan reputasi bank keliling tersebut. Tanyakan kepada sesama pelaku usaha atau cari informasi di internet mengenai pengalaman mereka.

Baca Juga: Bank Keliling: Begini Kelebihan dan Kerugian Meminjam untuk Modal Usaha
 

2. Pahami Syarat dan Ketentuan

Bacalah dengan cermat setiap poin dalam perjanjian pinjaman. Pastikan kamu memahami semua syarat dan ketentuan, terutama mengenai bunga, denda keterlambatan, dan cara pembayaran. 

Selain itu, kamu harus berpikir kritis mengenai syarat tersebut. Jangan takut bertanya, bila ada yang tidak kamu pahami dalam perjanjian tersebut.