5 Cara Cerdas Meminjam di Bank Keliling: Tips dan Trik Agar Tidak Terjebak

Like

3. Hitung Ulang Kemampuan Angsuran

Selain itu, kamu perlu memikiran ulang untuk meminjam. Pastikan kemampuan biaya angsuran tidak menganggu keadaan finansial kamu. 

Dan kamu juga harus pastikan jumlah angsuran tidak memberatkan keuangan bisnis kamu.Sisihkan dana darurat untuk menghadapi situasi yang tidak terduga.
 

4. Negosiasi Bunga

Jangan ragu untuk menegosiasi besaran bunga dengan petugas bank keliling. Jelaskan kondisi keuangan bisnis kamu dan tawarkan jaminan jika memungkinkan.

Baca Juga: Modal Usaha dengan Bank Keliling, Apakah Bisa Survive?

Tunjukkan bahwa kamu adalah seorang nasabah yang bertanggung jawab dan mampu melunasi pinjaman.
 

5. Manfaatkan Pinjaman Secara Efektif

Gunakan dana pinjaman untuk keperluan produktif yang dapat meningkatkan pendapatan bisnis. Selain itu, hindari menggunakan dana pinjaman untuk konsumsi pribadi atau hal-hal yang tidak produktif.


Namun, bila rasanya sangat sulit meminjam untuk modal usaha di bank keliling ada beragam alternatif lainnya lho! Contohnya koperasi, lembaga keuangan mikro, atau pinjaman online, tetapi kamu harus pertimbangkan kelebihan dan kekurangannya sebelum memutuskan.

Meskipun, meminjam di bank keliling bisa menjadi solusi yang efektif untuk mengembangkan bisnis Anda. Namun, kamu perlu berhati-hati dan bijak dalam mengambil keputusan. 

Dengan mengikuti tips di atas, kamu dapat meminjam di bank keliling dengan cerdas dan menghindari jebakan utang.

#Mon-FridayKemerdekaan











----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Whatsapp Group kami! Klik di sini untuk bergabung