Mengapa Gen Z Lebih Memilih Kerja Freelance, Apakah Hanya Mengejar Kebebasan?

Like

Kiat Menjadi Seorang Freelancer

Terlepas dari sisi gelap menjadi freelance tetapi menjadi di bidang ini bukanlah hal yang mustahil. Setiap orang punya cerita dan jalannya masing-masing.

Jika kita berusaha maka penghasilan tidak akan mengkhianati usaha. Maka dari untuk menjadi freelance ada kiat-kiat tersendiri seperti sebagai berikut:

1. Tentukan Niche atau Spesialisasi

Be-emers cobalah untuk fokus pada area atau bidang yang dikuasai dan minati. Hal ini akan sangat membantu Be-emers untuk terlihat menonjol di pasar yang penuh persaingan.
 

2. Bangun Portofolio yang Kuat

Portofolio sangat penting bagi freelance atau bidang karier lain. Maka dari itu penting untuk membangun portofolio yang kuat dan terpercaya. Tunjukkan semua keterampilan dan pengalaman Be-emers secara efektif.
 

3. Tingkatkan Jaringan

Jangan abaikan keberadaan komunitss freelance. Manfaat untuk bergabung dengan komunitas tersebut untuk membangun jaringan yang lebih luas.
 

4. Tetapkan Tarif yang Adil dan Masuk Akal

Tentukan tarif berdasarkan pengalaman, kualitas pekerjaan, dan standar industri. Kemudian rubah secara berkala.
 

5. Manajemen Waktu dengan Baik

Meskipun kita yang milih proyek atau pekerjaan. Namun, tetap harus atur waktu dengan baik. Buatlah jadwal kerja yang jelas dan patuhi tenggat waktu. Hal ini sangat berguna agar bisa menyesuaikan proyek tepat waktu. Sehingga kepercayaan klien akan meningkat.
 

6. Komunikasi yang Jelas dan Terbuka 

Komunikasi sangat penting bagi semua orang, terlebih freelance yang menghadapi klien secara langsung. Pastikan untuk berkomunikasi dengan klien secara efektif. Klarifikasi semua detail proyek dan tetaplah terhubung sepanjang proses.
 

7. Pahami Kontrak dan Perjanjian

Untuk membentengi dan melindungi diri. Gunakan kontrak kerja untuk memastika hak-hak Be-emers terlindungi. Baik mengenai tenggat waktu, biaya dan ruang lingkup pekerjaan atau proyek.


Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Kerja Freelance, Gen Z Wajib Tahu Sebelum 'Nyemplung'
 

8. Tingkatkan Keterampilan

Meskipun Be-emers telah menjadi freelance dengan segudang job dan proyek, tetaplah untuk meningkatkan skill dan keterampilan karena dunia terus berubah semakin maju dan pesat. Hal ini berguna untuk meningkatkan daya saing Be-emers sebagai freelance.
 

9. Kelola Keuangan dengan Bijak

Meskipun sekali proyek Be-emers mendapatkan penghasilan yang fantastis. Simpan dan rencanakan keuangan tersebut dengan baik.

Karena seorang freelancer memiliki pendapatan yang tidak tetap. Maka dari itu sangat penting untuk memiliki tabungan dan dana darurat. Untuk menunjang kebutuhan ketika sepi job.
 

10. Seimbangkan Kehidupan Pribadi dan Kerja 

Meskipun banyak proyek tetap pilih-pilah sehingga keseimbangan hidup pribadi dan kerja terjaga. Ini penting, agar Be-emers juga bisa meluangkan waktu untuk bersosialisasi dengan lingkungan sekitar.

Menjadi freelancer memang menawarkan berbagai keuntungan, yang menggiurkan. Namun, tetap saja ada sisi gelap yang perlu kita pertimbangkan.

Dengan kiat-kiat yang tersebut di atas, semoga Be-emers menjadi freelance yang sukses dan bahagia karena dapat menikmati hidup seperti yang diinginkan.


#Mon-FridayKemerdekaan














----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Whatsapp Group kami! Klik di sini untuk bergabung