Generasi Sandwich Pengin Punya Dana Darurat? Ini Tips Meski Gaji 'Pas-Pasan'

Like

Lantas bagaimana cara mengumpulkan dana darurat bagi generasi sandwich dengan gaji pas-pasan? Karena ternyata banyak juga dana yang harus dikumpulkan untuk dana darurat. Tetapi dengan investasi juga bisa lho mengumpulkan dana darurat.

Lantas berapa jumlah dana darurat bagi generasi sandwich? Jumlah dana darurat yang perlu disiapkan generasi sandwich sebenarnya idelanya ketika masih lajang tidak ada tanggungan, memerlukan dana darurat sebanyak 3-6 kali pengeluaran bulanan.

Misal saja, sobat Be-emers mengeluarkan uang sebesar 5 juta per bulan, maka dana darurat yang diperlukan sebesar 15-30 juta.

Baca Juga: Menyiapkan Dana Darurat untuk Generasi Sandwich: Strategi dan Solusi!

Sedangkan ketika generasi sandwich memiliki tanggungan mulai dari 3-6 orang maka dana darurat yang diperlukan sebanyak 9-12 kali pengeluaran bulanan.


Misal saja, pengeluaran bulanan sebesar 5 juta maka dana darurat yang perlu dipersiapkan sebesar 45-60 juta.

Jadi dana darurat merupakan hal yang penting dalam pengeloiaan keuangan, karena sifatnya darurat. Generasi sandwich harus memiliki dana simpanan untuk kepentingan darurat yang tanpa diduga.




----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Whatsapp Group kami! Klik di sini untuk bergabung