Menyimpan Dana Darurat untuk generasi Sandwich, Kenapa Penting?

Like

Buat Tabungan Khusus

Sebaiknya pisahkan dana darurat dari rekening tabungan biasa. Kamu bisa buat rekening khusus untuk dana darurat ini, yang aksesnya tidak terlalu mudah supaya tidak tergoda untuk mengambilnya sembarangan.

Pilih rekening yang likuid, artinya mudah diakses kapan saja, tapi tidak terlalu menarik perhatianmu untuk terus-terusan diambil. Rekening tabungan biasa atau produk tabungan berjangka bisa jadi pilihan yang baik.
 

Mulai dari yang Kecil

Enggak perlu langsung menargetkan jumlah besar, mulailah dari yang kecil tapi konsisten. Misalnya, sisihkan 10 persen dari penghasilanmu setiap bulan untuk dana darurat. Dengan waktu dan disiplin, dana daruratmu akan terus bertambah.

Kalau dapat bonus atau THR, sisihkan sebagian untuk menambah dana daruratmu juga.
 

Evaluasi dan Sesuaikan

Perjalanan hidup itu dinamis, begitu juga dengan kebutuhanmu. Jadi, evaluasi dan sesuaikan dana daruratmu secara berkala. Misalnya, jika tanggungan bertambah, atau pengeluaran meningkat, kamu perlu menyesuaikan target dana darurat. Jangan ragu untuk menambah nominal tabungan jika memang dibutuhkan.
 

Bicarakan dengan Keluarga

Sebagai bagian dari generasi sandwich, komunikasi dengan keluarga sangat penting. Ajak pasangan dan orang tua untuk sama-sama memahami pentingnya dana darurat.

Baca Juga: 5 Pekerjaan Freelance Paling Hits di kalangan Gen Z, Bisa Kamu Coba!


Kalau semua orang sudah paham, kamu akan lebih mudah dalam mengatur keuangan keluarga tanpa harus menanggung beban sendiri.

 

Kesimpulan

Menyiapkan dana darurat memang bukan hal yang gampang, apalagi untuk generasi sandwich. Tapi dengan langkah-langkah yang tepat dan konsisten, kamu bisa melindungi diri dan keluargamu dari situasi darurat yang tidak terduga. Ingat, lebih baik menyiapkan payung sebelum hujan!











----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Whatsapp Group kami! Klik di sini untuk bergabung