Kualifikasi vs Potensi Kerja: Mana yang Lebih Penting dalam Rekrutmen?

Like

Mana yang Lebih Baik Kualifikasi atau Potensi?

Jawaban atas pertanyaan ini tidaklah mutlak, dan seringkali tergantung pada situasi dan kebutuhan spesifik perusahaan. Beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan antara lain:

1. Urgensi

Jika perusahaan membutuhkan seseorang yang dapat langsung berkontribusi pada proyek yang sedang berjalan, maka kandidat dengan kualifikasi yang sesuai akan menjadi pilihan yang lebih baik. 

Namun, bila perusahaan memiliki waktu untuk mengembangkan karyawan baru, maka potensi bisa menjadi pertimbangan utama.

 

2. Tingkat Risiko

Memilih kandidat dengan potensi besar tentu melibatkan risiko yang lebih tinggi. Namun, jika perusahaan memiliki budaya yang mendukung pembelajaran dan pengembangan karyawan, maka risiko ini dapat diminimalkan.

Baca Juga: StrategI Cepat dapat Kerja, Dijamin Anti Ditolak Rekruter!

 

3. Kebutuhan Perusahaan 

Pertimbangkan juga jenis pekerjaan yang akan diisi. Untuk posisi yang membutuhkan keterampilan teknis yang spesifik, kualifikasi mungkin menjadi faktor penentu. 


Namun, untuk posisi yang lebih bersifat strategis, potensi untuk tumbuh dan berkembang mungkin lebih penting.


#Mon-FridayKemerdekaan






----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Whatsapp Group kami! Klik di sini untuk bergabung