Good Leaders Celebrate Milestones

Leadership and learning are indispensable to each other

Leadership and learning are indispensable to each other

Like

Legacy leadership di bentuk dari say atau do ratio. Apa yang dikatakan dan apa yang dihasilkan. Tanpa mampu membawa organisasi dan team mencapai target atribut leader atau manager tidak banyak artinya.

Adakalanya hasil eksekusinya tidak sesuai rencana, tetapi orang tetap respek jika melihat ada aksi yang dilakukan untuk mencapai tujuan. Yang parah adalah rencana muluk sekali, kadang tidak rasional, lalu eksekusi lemah dan excusenya adalah blaming others.

Bagaimana membuat strategi eksekusi yang baik ? Pertama dimulai dari membuat action plan simply dengan what, who, when, how. Dalam action plan, ada yang disebut "Milestones". Nah, milestones ini yang penting dicapai untuk menunjukkan bahwa kita benar-benar kerja. Bagi teamnya yang punya "Free Riders", jangan terpengaruh dan habiskan waktu untuk proses. Just Get Your Things Done ! 

Dalam eksekusi, diperlukan team yang masing-masing tahu apa yang harus mereka lakukan, Everybody Accountable, No Accountability, No Commitment. Kalau leaders hanya sibuk untuk nyenangin bossnya dalam eksekusi, maka dia kehilangan trust dari teamnya.

Eksekusi itu bergantung pada seluruh team dan team harus trust leadersnya agar eksekusi itu berhasil, bukan takut, tetapi "trust". Satu hal yang penting jangan pernah mengorbankan "integritas" dalam melakukan eksekusi. 


Oya terakhir, eksekusi itu memerlukan speed dan speed tidak dihasilkan dari lamunan, tetapi dari kerja dan effort untuk ekselarasi. 

Lets go, kita eksekusi target 2020. Tidak bisa dengan "Hope" saja karena "Hope is ot a strategy".

"Good target and planning is must, fail to plan is planning to fail".

Ekseskusi yang baik tidak pernah melupakan reward dan punishment. Good leaders celebrate milestones :)