Jika Gempa Megathrust Melanda, Apa Saja yang Mesti Dipersiapkan?

Jika Gempa Megathrust Melanda, Berapa Dampak Biaya Daruratnya? (www.pexels.com)

Jika Gempa Megathrust Melanda, Berapa Dampak Biaya Daruratnya? (www.pexels.com)

Like

Gempa bumi merupakan bencana alam yang seringkali menimbulkan banyak kerusakan dan korban jiwa. Salah satunya jenis gempa yang paling mematikan adalah gempa besar megathrust, yang kerap terjadi di zona subduksi antara lempeng tektonik.

Gempa besar megathrust dapat mengakibatkan tsunami dan kerusakan yang sangat parah mencakup lingkungan luas.

Ketika gempa megathrust melanda, tidak hanya korban jiwa yang harus dipikirkan, tetapi juga biaya darurat yang harus disiapkan. Biaya darurat ini mencakup berbagai hal mulai dari perawatan medis, pemulihan infrastruktur, hingga kebutuhan sehari-hari bagi korban bencana.

Salah satu biaya darurat yang harus disiapkan adalah untuk perawatan medis. Korban gempa megathrust seringkali mengalami luka-luka serius akibat reruntuhan bangunan dan tertimbun material.

Baca Juga: Jika Megathrust Melanda, Segini Dana Darurat yang Mesti Kamu Siapkan!


Biaya perawatan medis untuk merawat korban luka bakar, patah tulang, dan cedera lainnya bisa jadi sangat mahal. Selain itu, korban juga membutuhkan obat-obatan dan perawatan jangka panjang untuk pulih sepenuhnya.

Selain itu, biaya darurat yang besar juga diperlukan untuk pemulihan infrastruktur yang rusak akibat gempa megathrust.

Bangunan-bangunan publik seperti rumah sakit, sekolah, dan kantor pemerintah seringkali rusak parah akibat gempa.

Biaya untuk memperbaiki dan membangun kembali infrastruktur ini bisa mencapai miliaran rupiah. Selain itu, jalan dan jembatan yang rusak juga perlu diperbaiki agar bantuan dan evakuasi dapat dilakukan dengan lancar.