Pentingnya Mitigasi Bencana Ketika Kondisi Emergency Melanda, Salah Satunya Bahaya Megathurst?

Like

Apa Saja Isi Tas Siaga Bencana? 

Berikut adalah barang-barang yang wajib ada di tas siaga bencana: 
  1. Surat-surat berharga seperti paspor, surat tanah, surat kendaraan, akta kelahiran, ijazah, dan surat lainnya yang dianggap penting. 
  2. Pakaian bersih untuk kebutuhan selama tiga hari seperti pakaian dalam, kaos, celana panjang, jaket, selimut, handuk, jas hujan, dan lainnya. 
  3. Makanan ringan yang bisa bertahan lama seperti biskuit, mie instan, abon, coklat, energy bar, dan lainnya. 
  4. Air minum untuk kebutuhan selama tiga hari. 
  5. Kotak P3K pribadi yang berisikan obat-obatan dan perlengkapan penyembuh luka. 
  6. Radio panggil atau telepon selular dengan baterai cadangan atau powerbank sebagai media pencari informasi seputar bencana secara real time. 
  7. Perlengkapan mandi
  8. Masker kesehatan atau masker kain yang bisa digunakan secara darurat ketika kondisi udara kotor atau tercemar akibat bencana. 
  9. Peluit sebagai alat penanda ketika membutuhkan pertolongan darurat. 
  10. Uang tunai untuk kebutuhan selama tiga hari. 
  11. Senter atau alat bantu penerangan lainnya yang bisa digunakan di malam hari. 

Jika TSB sudah siap, taruhlah di tempat yang mudah dijangkau seperti di dekat pintu keluar, sehingga ketika bencana terjadi kamu bisa langsung mengambil tas dan langsung menyelamatkan diri ke tempat yang lebih aman. 

Baca Juga: Udah Siap Gempa Megathrust? Segini Dana Darurat yang Mesti Kamu Siapkan!

Dalam mitigasi bencana juga mengharuskan kita memiliki jiwa siaga bencana dengan memperhatikan beberapa hal berikut ini.

Pertama kita harus bisa memahami dengan cepat bahaya yang ada di sekitar kita, sehingga kita bisa mengantisipasi seperti cara menemukan rute evakuasi, mampu membaca situasi atau peringatan-peringatan dini di lokasi bencana.

Lalu setidaknya kita harus memiliki keterampilan yang bisa dimanfaatkan ketika kondisi darurat untuk melindungi diri.


Keterampilan tersebut bisa kita dapatkan dengan mengikuti kegiatan latihan kesiapsiagaan dan mitigasi yang disediakan pemerintah baik pusat ataupun daerah melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BNPB). 






----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Whatsapp Group kami! Klik di sini untuk bergabung