4 Rekomendasi Tempat 'Pelarian' Buat Kamu yang Suka Pergi Sendirian

Ilustrasi menikmati waktu 'me time' Berikut adalah 4 rekomendasi tempatnya! (sumber gambar: Canva)

Ilustrasi menikmati waktu 'me time' Berikut adalah 4 rekomendasi tempatnya! (sumber gambar: Canva)

Like

Be-emers, jika kamu termasuk tipe yang menyukai bepergian seorang diri mungkin 4 lokasi ini bisa menjadi pilihan menghabiskan akhir pekan tanpa harus merasa terbebani dengan keramaian. 

1. Perpustakaan

Lokasi yang pertama adalah perpustakaan. Cobalah sesekali berkunjung ke perpustakaan nasional atau perpustakaan yang ada di kotamu. Selain kamu bisa menambah wawasan dengan koleksi buku-buku yang ada di sana, kamu juga bisa merasakan ketenangan dengan ambience yang bikin nyaman. 

Untuk mengunjungi perpustakaan pun tidak mengharuskan kamu harus bersama seseorang lho, jadi dijamin kamu datang sendirian pun tidak akan merasa aneh.

Oh iya jangan lupa juga untuk membuat kartu member ya Be-emers. Kartu member ini selain untuk memudahkan kamu jika ingin meminjam buku atau majalah yang mau kamu baca di rumah tetapi juga kamu bisa mendapatkan informasi daftar buku koleksi terbaru. 

 

Ilustrasi planetarium sebagai tempat pelarian untuk yang suka jalan-jalan sendirian/Canva

Ilustrasi planetarium sebagai tempat pelarian untuk yang suka jalan-jalan sendirian/Canva

 

2.   Planetarium 

Lokasi kedua adalah lokasi di mana kita bisa melihat bintang dan benda-benda angkasa lainnya meskipun ketika masih siang.

Betul, lokasi tersebut adalah planetarium. Meskipun terkadang planetarium cukup ramai pada waktu-waktu tertentu namun keramaiannya masih bisa ditolerir, karena begitu masuk ke dalam banyak dari pengunjung yang langsung terdiam dan terpesona menyimak narasi tentang benda-benda luar angkasa dari petugas pemandu di planetarium. 


Baca Juga: 5 Cara Mudah Bergaul untuk Kamu yang Introvert

Di Indonesia terdapat 5 Observatorium dan Planetarium lho, yakni Observatorium Bosscha di Lembang, Jawa Barat, Planetarium dan Observatorium Jakarta (tutup sementara untuk revitalisasi), Planetarium Jagad Raya Tenggarong, Kalimantan Timur, Planetarium Taman Pintar Yogyakarta, dan terakhir di Observatorium Timau yang berada di Nusa Tenggara Timur. 

Tips ketika akan mengunjungi planetarium adalah mencari waktu yang tidak bersamaan dengan libur sekolah atau bisa juga dengan mengecek jadwal-jadwal kegiatan planetarium di kota terdekat ya Be-emers. 

 

3. Museum 

Lokasi ketiga yang bisa kamu kunjungi sendirian adalah museum. Kamu bisa menikmati suasana dengan menyusuri koridor dan memperhatikan benda-benda yang dipajang dalam museum tersebut. Kamu juga bisa menggunakan jasa pemandu museum untuk menjelaskan sejarah atau asal-usul museum tersebut.

Harga tiket masuk museum juga bervariasi, mulai dari Rp2.000 hingga ratusan ribu tergantung dengan benda-benda koleksi yang dipamerkan.

Selain menambah informasi dan wawasan kamu terhadap suatu sejarah atau awal mula suatu benda, berkunjung ke museum juga bisa memberikan kamu pengalaman yang berbeda ketika menikmati suasana di dalam museum tersebut. 

 

Ilustrasi momen me time/Canva

Ilustrasi momen me time/Canva