Perundungan Mahasiswa PPDS, Bagaimana Cara Efektif untuk Menghentikannya?

Like

Inilah langkah-langkah antisipasi untuk menghindari depresi akibat perundungan:

Jika kamu adalah korban perundungan, penting untuk mencari bantuan dan dukungan. Berbicara dengan seseorang yang tepercaya Ini bisa seorang teman, keluarga, atau profesional kesehatan mental. Membuka diri bisa meringankan beban emosional.

1. Menjaga kesehatan fisik dan mental

Olahraga ringan, tidur cukup, dan makan dengan baik dapat membantu mengurangi gejala depresi.
 

2. Mencari bantuan profesional

Terapis atau konselor dapat memberikan dukungan yang sangat dibutuhkan dan membantu kamu mengatasi perasaan yang sulit.

Jangan merasa bersalah.   Ingat bahwa bullying itu bukan kesalahan pada dirimu..  Kamu harus sadar tidak ada kesalahan dari pihakmu.
 

3. Simpan bukti bullying

Apabila terjadi perundungan, jangan lupa untuk memfoto atau memvideokan apa yang terjadi sebagai bukti telah terjadi perundungan.

Jenis-jenis perundungan bukan hanya secara fisik saja, tetapi juga secara verbal dan non-verbal baik secara langsung maupun tidak langsung, cyber bullying, pelecehan seksual.
 

Pentingnya Hukuman Bagi Pelaku Perundungan

Selain itu, penting juga untuk memahami bahwa pelaku perundungan harus menghadapi konsekuensi. Hukuman bagi pelaku perundungan bisa berupa tindakan disipliner di lingkungan pendidikan, seperti skorsing atau pemecatan.

Baca Juga: Mengatasi Permasalahan Bullying: Upaya Pencegahan dan Memberikan Efek Jera


Sistem hukum juga dapat memberikan sanksi jika perundungan menyebabkan kerugian yang signifikan bagi korban.

Saat ini bagi pelaku perundungan akan mendapat hukuman sesuai dengan  KUHP Pasal 170  yaitu dijerat pidana penjara 2 tahun 8 bulan.  Juga dalam UU No.80 , pelaku akan mendapatkan hukuman penjara selama 3 tahun 6 bulan denda Rp72.juta.

Diharapkan Pemerintah akan meningkatkan hukuman bagi pelaku perundungan mengingat akibat perundungan bagi korban sangat besar.

Perundungan tidak hanya merusak kesehatan mental korban tetapi juga bisa berakibat fatal. Dengan dukungan yang tepat dan tindakan preventif yang baik, kita dapat membantu mengurangi dampak buruk ini dan menegakkan hukum bagi pelakunya.






----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Whatsapp Group kami! Klik di sini untuk bergabung