Introvert Pengin Jago Bangun Networking? Ini Tipsnya!

Like

Jadi pas dateng acara tuh, kamu gak cuma duduk manis, sama dengerin mereka ngomong doank. Sapa donk peserta yang duduk di kiri kananmu, samperin para praktisinya ucapin terimakasih dan sampaikan masukanmu tentang acaranya atau tanyakan sesuatu.

Siapa tau dengan begini, suatu saat dia akan ingat kamu dan bisa jadi nawarin kerja sama atau jadi customer tetap bisnismu.  Kalau nggak tau mau ngobrolin apa, kamu bisa search rekomendasi topiknya dulu di LinkedIn, IG, Tiktok, dll. 

 

3. Menerima aneka karakter orang plus siap menyikapinya   

Ingat, setiap orang punya karakter yang berbeda-beda dan kamu pun harus tau gimana cara menyikapinya.

Baca Juga: Diam-Diam Dulang Cuan, Berikut 5 Pekerjaan yang Cocok Buat si Introvert

Misalnya ada orang yang kalo ngobrol mode ceplas-ceplos, kamu jangan keburu baper dulu, karna bisa jadi dia selama ini cara interaksinya begitu, yang perlu kamu lakuin adalah bawa santai aja, sambil bilangin pelan-pelan kalau tindakannya terkadang bisa nyakitin hati orang.


Bimbing dia buat liat sikon kalo mau ceplas-ceplos, termasuk siapa lawan bicara biar hubungan kalian gak cuma sekali ketemu abis itu lepas gitu aja. Ini bisa sekaligus buat ngelatih kecerdasan interpersonal dan emosional kamu juga lho. 

Gimana, sudah siap buat bangun networking introvert gang? Siapkan dirimu keluar dari zona nyaman ya! 






----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Whatsapp Group kami! Klik di sini untuk bergabung