Gen Z dan Uang: Begini Cara Berpikir yang Berbeda terhadap Keuangan di Era Digital

Like

Mereka sangat aktif di media sosial serta memiliki kemampuan yang kreatif dalam menghasilkan uang dari media sosial.

Gen Z menjadi konsumen bijaksana, artinya mereka merupakan konsumen yang lebih kritis dan selektif, karena mereka cenderung membeli dari merek yang sesuai dengan nilai mereka. Generasi Z cenderung melakukan perbandingan harga dan mencari ulasan terlebih dahulu sebelum melakukan pembelian.

Namun, generasi ini cenderung menggunakan uangnya untuk mencari pengalaman daripada membeli barang, seperti memilih digunakan untuk healing atau trip, nonton konser dan kegiatan sosial lainnya.

Baca Juga: Marriage is Scary, Bongkar Faktor Penyebab Gen Z Ogah Nikah

Tingkat kepedulian terhadap stabilitas finansil pada Gen Z termasuk tinggi. Meski mereka berani dalam mencoba hal baru, Gen Z juga sangat peduli dengan stabilitas finansial, cenderung berhati-hati dalam berhutang, lebih memilih menabung atau berinvestasi dibanding menghabiskan uang untuk hal yang tidak perlu.


Jadi, Gen Z dalam memandang uang dengan cara yang berbeda dari generasi sebelumnya, apalagi dengan dorongan teknologi serta kemudahan akses informasi. Mereka cenderung kritis dan berorientasi pada investasi dengan tujuan mencapai financial freedom serta terjaminnya masa depan. 



----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga?

Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".

 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Whatsapp Group kami! Klik di sini untuk bergabung