Peluang Bisnis Jamu Tradisional, Patut Banget Dicoba!

Peluang bisnis jamu (Format: Pixabay.com)

Like

Jamu, menjadi salah satu minuman tradisional yang hingga kini masih banyak penggemarnya. Kamu bisa menjadikan fakta ini sebagai awal untuk kamu membuka bisnis.

Masyarakat Indonesia juga sudah terbiasa dengan minuman dari berbagai rempah rempah ini. Dibalik kesegarannya, jamu juga menyimpan berbagai khasiat untuk kebugaran tubuh.

Jika kamu tertarik terjun dalam dunia bisnis satu ini, maka kamu harus mengintip terlebih dahulu peluang bisnis jamu tradisional yang memiliki keuntungan menggiurkan berikut.


Peluang Usaha Dari Jamu Tradisional

Jamu tradisional bisa dinikmati oleh berbagai kalangan, sehingga bisa dikatakan jika penikmat jamu memang terbilang lebar. Hal ini karena selain nikmat dan segar, jamu tradisional juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Dibuat dari berbagai rempah rempah,membuatnya aman jika dikonsumsi oleh anak anak maupun orang dewasa. Dengan target pemasaran yang luas, menjadikan peluang bisnis jamu ini akan sangat menggiurkan dan memudahkan pemasaran.


Keuntungan Memulai Usaha Jamu Tradisional

Sebelum kamu yakin untuk memulai bisnis jamu tradisional, maka kamu harus tahu keuntungan dari usaha satu ini. Tentunya selain target pasarnya yang begitu luas, dan masih banyak penggemar hingga saat ini.


Kini jamu tradisional memang semakin terangkat sehingga citranya sudah mulai dikenal. Kamu mungkin juga akan mudah untuk menemukan kemasan jamu tradisional yang lebih modern.

Peluang bisnis jamu tradisional memang terlihat menggiurkan dan tidak membutuhkan modal besar. Peralatan yang bisa digunakan untuk bisnis ini juga peralatan rumah biasa. Bahkan kamu bisa berjualan di mana saja, bahkan di rumah sekalipun.


Kekurangan Dari Usaha Jamu Tradisional

Dalam menjalankan bisnis ini, tentunya kamu akan memiliki pesaing bisnis yang bergerak di bidang yang sama. Hal ini menjadi kekurangan yang juga bisa kamu manfaatkan sebagai tantangan.

Tak hanya itu, beberapa pedagang nakal juga mencampurkan obat obatan berbahaya pada jamunya. Tentunya jika terjadi akan memberikan dampak negatif pada pengusaha yang lain termasuk kamu.

Karena para konsumen akan merasa ragu untuk mengkonsumsi jamu tradisional. Persediaan bahan baku, dalam hal ini rempah rempah juga tidak stabil di pasaran.

Dimana rempah rempah yang ada akan dipengaruhi oleh cuaca, inilah mengapa kamu harus memiliki kenalan petani rempah. Harga rempah juga terkadang tidak stabil atau naik turun.


Strategi Pemasaran Yang Bisa Diterapkan

Jamu Tradisional memang memiliki peluang yang begitu luas. Peluang bisnis jamu tradisional saja tidak cukup karena kamu tetap membutuhkan strategi jitu.

Untuk bisa mengalahkan persaingan pasar yang luar biasa, kamu bisa memulai dengan memiliki kemasan yang menarik. Seperti botol dari berbagai ukuran yang desainnya unik dan lucu.

Tak hanya itu, kamu juga harus mencantumkan surat izin yang didapatkan dari BPOM serta sertifikat halal dari MUI. Dengan begitu konsumen akan merasa percaya dengan produk yang kamu miliki.

Agar produk kamu semakin dikenal, maka kamu bisa mengikuti berbagai acara pameran. Dengan begitu kamu bisa sekalian mempromosikan produk yang kamu miliki.

Semakin dikenal, maka akan semakin mudah kamu dalam mempromosikan produk jamu kamu. Inilah mengapa kamu perlu untuk memiliki strategi pemasaran yang baik dan terstruktur.

Dan yang tidak boleh dilupakan meskipun peluang bisnis jamu tradisional besar, adalah tetap menjaga kualitas dari produk jamu yang kamu produksi. Semakin berkualitas, maka akan semakin tinggi peminat akan jamu kamu.

Untuk bisa memanfaatkan peluang yang ada, maka kamu harus memiliki kemampuan untuk membuat jamu terlebih dahulu. Untuk memulai usaha memang tidak mudah, namun jika kamu terus berusaha maka usaha akan membuahkan hasil.