Berawal dari Talkshow, Oprah Winfrey Sukses Jadi Wanita Terkaya di Amerika

sumber: bisnis.com

sumber: bisnis.com

Like

Pencarian inspirasi untuk menjadi kaya memang paling tepat belajar dari pengalaman pebisnis sukses. Kisah hidupnya selalu bisa membuat kita jadi semangat untuk meraih peluang dan pengalaman dalam mencari cuan.

Dari sekian banyak pebisnis, banyak dari kita mengenal sosok wanita yang telah dikenal sebagai pebisnis wanita terkaya di Amerika, yaitu Oprah Winfrey.

Melalui talkshownya, The Oprah Winfrey Show, Winfrey sukses membuat acara tersebut menjadi kerajaan media dan bisnis yang menghasilkan kekayaan bersih sebesar US$2,6 miliar.

Kesuksesan tersebut juga berpengaruh terhadap namanya dalam daftar 10 wirausahawan perempuan terkaya di Amerika dalam majalah Forbes. Winfery pun sukses menjadi satu-satunya miliarder wanita kulit hitam di Amerika Serikat.

Dikutip dari Bisnis.com, wanita yang telah menginjak usia 66 tahun ini ternyata dalam meraih kesuksesannya tersebut tidaklah mudah. Tersimpan perjuangan yang luar biasa darinya sejak kecil hinga akhirnya bisa menjadi besar namanya di ranah media.
 

Bangkit dari masa lalu

Kehidupan masa kecil tidak seindah kesuksesannya sekarang. Ia tumbuh dalam keluarganya yang miskin dan berantakan. Ketika ia  menginjak usia remaja, Winfrey mengalami keadaan yang sulit ketika tinggal bersama ibunya. Ia kemudian ikut bersama ayahnya, hingga akhirnya Winfrey tumbuh menjadi wanita yang lebih positif.


Berkat dorongan dari lingkungan barunya, Winfrey terus mengasah kemampuan dirinya dengan selalu semangat untuk bisa terus maju dan membuktikan kehebatan dirinya. Berkat semangat inilah Winfrey sukses meraih kekayaan dan ketenarannya sekarang.
 

Memilih karir di bidang media

Winfrey masuk ke dalam dunia media sejak masa remajanya. Ia mendapatkan pekerjaan pertama di stasiun radio untuk komunitas Afrika-Amerika di Nashville. Berkat kemampuan berbicara di depan umum yang baik, Winfrey sukses menjadi penyiar radio wanita yang terkenal di kota tersebut.

Perlahan, nama Winfrey mulai dikenal sebagai pembawa berita setelah bekerja di stasiun TV swasta. Winfrey juga sering ditempatkan acara bincang-bincang untuk mewawancarai selebriti.

Hingga pada tahun 1985, Winfrey direkrut oleh suatu stasiun tv yang sedang berjuang memperbaiki acara pagi untuk bisa meraih rating. Dari sinilah lahirnya program andalannya, The Oprah Winfrey Show.
 

Sukses dengan talkshownya

Awal mula berjalannya talkshow ini memang tidak mudah, bahkan terus mengalami rating yang menurun. Winfrey lalu mengubah fokus acaranya dengan mengambil topik “kekuatan dan kebaikan” yang berfokus pada kerohanian dan tips membesarkan anak.

Berkat usahanya tersebut, perlahan acara talkshownya mulai banyak dikenal karena dinilai berbeda dengan acara lainnya. Kuntungan dari acaranya ini diperkirakan Forbes telah mencapai US$2 miliar.
 

Memulai bisnis majalah dan saluran tv pribadi

Setelah siaran terakhir acaranya pada tahun 2011, Winfrey mulai melebarkan sayapnya ke ranah publikasi, yaitu dnegan menerbitkan The Oprah Magazine yang berhasil memiliki 2,4 juta pelanggan bulanan dan menjadi majalah wanita top di Amerika.

Sukses dengan majalahnya, Winfrey juga merintis saluran tv kabel sendiri, yaitu bernama Oprah Winfrey Network (OWN). Kesuksesannya dalam memiliki saluran pribadinya ini menurut Forbes bernilai US$75 juta.

Dari berbagai kesuksesannya yang telah diraih, Winfrey kini masuk dalam daftar selebritas dengan bayaran tertinggi versi Forbes pada tahun 2020 di urutan ke-91 dengan pendapatan mencapai US$37 juta.

Walaupun ia memiliki berbagai property mewah, tanah puluhan hektar, dan juga pesawat jet, Winfrey selalu aktif melakukan kegiatan amal. Ia bahkan ikut menyumbangkan sebesar US$10 juta untuk banuan penanganan virus corona di Amerika.