Intip Strategi CJ Entertainment, Tips Langgeng Dunia Hiburan

Cast crash landing on you salah satu drama korea viral yang diproduksi oleh CJ Entertainment (Foto Wikimedia Commons)

Like

Pernah nonton drama Crash Landing on You? Iya, yang dibintangi sama Hyun Bin dan Son Ye Jin itu. Salah satu drama Korea yang paling banyak diperbincangkan sepanjang 2019 hingga 2020 ini hasil karya tangan-tangan kreatif CJ ENM lho.

Enggak cuma Crash Landing on You aja, banyak drama-drama lain produksi CJ ENM yang juga viral bahkan sukses ngenalin K-Pop ke berbagai negara lewat KCon Music Festival.


Rahasia Produksi Drama Korea Mendunia

Berikut adalah beberapa rahasia dari CJ ENM dalam memproduksi drama korea yang mendunia:

1. Rajin riset customer behavior

CJ ENM pun rajin melakukan riset kisah apa dan siapa saja aktor aktris yang disukai para fanboy dan fangirl Korea entah lewat media sosial atau komunitas penggemar.

Hasilnya? Kita bisa sering lihat wajah Hyun Bin, Kim Soo-Hyun, Lee Ji-Eun dan Kim Ji-Won rutin seliweran di layar kaca membintangi kisah-kisah drama romansa yang bikin baper. 
 

2. Manajemen krisis yang baik

Ingat kasus konflik manajemen boygroup Too di tahun 2021 lalu? CJ ENM dengan cepat merespons krisis yang ada, menggerakkan tim untuk mengambil alih pengelolaan pekerjaan boygroup Too dan mengkomunikasikan perkembangannya kepada publik.

Kasus seperti ini cukup sering dialami oleh agensi selebritas, jadi penting untuk mengelola krisis sebaik mungkin agar citra dan value perusahaan tetap terjaga. 
 

3. Tawarkan fan service unik

Paham bahwa fans setia sangat berarti bagi perusahaan, berbagai inovasi dilakukan CJ ENM demi menyenangkan hati mereka. Salah satunya mengadakan meet up online via Zoom bersama sang artis di panggung KCon Music Festival.


Di sini jumlah penggemar yang terpilih sangat terbatas, membuat customer merasa spesial. Mereka juga secara otomatis mengunggah momen langka ini ke media sosial, yang berarti promosi gratis bagi CJ ENM. Let see, dari sesuatu yang unik, banyak orang akhirnya semakin mengenal CJ ENM. 

Kcon Japan (Wikimedia Commons)

 

4. Saling berkolaborasi

Saling bergandeng tangan membuat kita semakin kuat, betul? CJ ENM juga melakukan hal yang sama, melakukan kolaborasi dengan pelaku industri hiburan mulai dari sutradara, produser hingga aktor aktris di seluruh dunia dalam memberi hiburan berkualitas seperti proyek yang baru-baru ini dilakukan bersama

Lifelike Pictures dan Base Entertainment. Siapa tau dengan begini kamu bisa menciptakan sensasi global, ya kan? 
Wedeh, mantap juga strateginya ya. Patut dicontoh nih guys, biar bisnismu makin berkembang!













----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Whatsapp Group kami! Klik di sini untuk bergabung