Pertimbangan Sebelum jadi ASN: Keuntungan dan Kekurangannya!

Menjadi ASN masih memiliki peminat dari Gen Z (Sumber: jArief Gunawa/Bisniscom)

Like

Menjadi ASN masih menjadi salah satu pilihan karir bagi Gen Z. Meskipun banyak pilihan karir baru di era digital, stabilitas dan benefit yang ditawarkan ketika menjadi ASN tetap menjadi daya tarik.


Ada banyak kesempatan untuk mengembangkan diri ketika menjadi ASN. Para aparatur sipil negara juga bisa ikut berkontribusi langsung pada pembangunan negara.


Keuntungan Menjadi ASN

Menjadi aparatur sipil negara memiliki banyak keuntungan yang membuatnya menjadi salah satu pekerjaan paling diminati, di antaranya:

1. Stabilitas Pekerjaan

Salah satu keuntungan terbesar menjadi ASN adalah kepastian kerja. Tidak seperti pekerja swasta yang rentan terhadap PHK, ASN memiliki jaminan pekerjaan yang stabil selama memenuhi persyaratan dan peraturan yang berlaku.


2. Gaji dan Tunjangan Menarik

ASN umumnya memiliki gaji pokok yang pasti dan berbagai tunjangan tambahan seperti tunjangan kinerja, tunjangan keluarga, tunjangan kesehatan, dan tunjangan hari raya. Besaran tunjangan ini dapat bervariasi tergantung pada jabatan dan instansi tempat bekerja.

Baca Juga: Kenapa Gen Z Kurang Tertarik Daftar CPNS?


3. Jaminan Pensiun

Setelah masa kerja tertentu, ASN akan mendapatkan hak pensiun yang cukup besar. Hal ini memberikan rasa aman di masa tua.


4. Kesempatan Berkarir

ASN memiliki jenjang karier yang jelas dan peluang untuk terus berkembang. Dengan mengikuti berbagai pelatihan dan pendidikan, ASN dapat naik pangkat dan memperoleh tanggung jawab yang lebih besar.


5. Fasilitas Kesehatan

ASN biasanya memiliki akses ke fasilitas kesehatan yang baik dengan biaya yang lebih terjangkau.


6. Cuti Tahunan

ASN berhak mendapatkan cuti tahunan yang cukup panjang untuk beristirahat dan menghabiskan waktu bersama keluarga.


Baca Juga: CPNS vs Startup: Mana yang Lebih Menjanjikan untuk Generasi Muda?


7. Terpandang

ASN sering dipandang sebagai pekerjaan yang bergengsi di masyarakat. Ini juga yang membuat para orang tua mendorong anak-anak mereka untuk daftar CPNS.


8. Kontribusi pada Negara

ASN memiliki kesempatan untuk berkontribusi langsung dalam pembangunan negara dan memberikan pelayanan kepada masyarakat.