10 Tips untuk Mendapatkan Promosi Jabatan di Tempat Kerja

Tips mendapatkan promosi jabatan di tempat kerja (Foto Freepik.com)

Like

Sering terdengar keluhan pegawai kenapa lama bekerja tapi belum juga terima promosi.  Sebenarnya promosi itu ada aturannya ngga sih?  Untuk perusahaan besar, umumnya memiliki aturan tentang jenjang karir dalam level manajemen.

Jika perusahaanmu sudah memiliki aturan, tentu kamu bisa evaluasi kenapa kamu belum dipromosikan.

Mendapatkan promosi jabatan adalah salah satu cara untuk memajukan karier dan meningkatkan kepuasan kerja.

Promosi jabatan berarti peningkatan tanggung jawab, status, dan biasanya gaji. Untuk mencapainya, ada beberapa langkah yang bisa kamu ikuti.

Baca Juga: Panduan Lengkap Switch Career
 

1. Pahami Arti Promosi Jabatan

Promosi jabatan bukan hanya tentang mendapatkan posisi yang lebih tinggi. Ini juga berarti mendapatkan tanggung jawab baru dan tantangan yang lebih besar. Memahami arti promosi jabatan membantu kamu menyiapkan diri untuk peran tersebut.

 

2. Kenali Dampak Positif Promosi

Promosi dapat membawa berbagai manfaat, seperti peningkatan gaji, status, dan peluang pengembangan diri. Dengan memahami dampak positif ini, kamu bisa lebih termotivasi untuk meraihnya.


3. Tetapkan Tujuan Promosi

Tentukan tujuan jelas tentang jabatan yang ingin kamu capai. Dengan tujuan yang spesifik, kamu bisa merencanakan langkah-langkah yang diperlukan untuk mencapainya.
 

4. Update Info Perekrutan dari Perusahaan

Selalu ikuti perkembangan informasi terkait promosi di perusahaanmu. Memahami kebijakan dan prosedur perekrutan akan membantumu mengetahui kapan dan bagaimana peluang promosi terbuka.


5. Bersedia Ikut Proses Tes Kenaikan Jabatan

Beberapa perusahaan memerlukan tes atau evaluasi untuk promosi. Pastikan kamu siap mengikuti proses ini dengan baik untuk meningkatkan peluang kamu mendapatkan promosi.