Menulis Biografi Singkat untuk Pelajar, Begini Caranya!

Menulis dokumentasi untuk pelajar Dokumentasi Pribadi

Like

"Menulis kisah seseorang tidak hanya menginspirasi diri sendiri, juga dapat menyulut semangat dan harapan orang lain."

Beberapa waktu lalu, saya memberikan penugasan kepada siswa kelas 10 SMA. Para siswa, ditugaskan untuk mencari seorang sosok yang bisa diwawancarai dan ditulis tentang kisah hidupnya dalam bentuk biografi singkat.

Tentu sosok yang dimaksud adalah sosok yang dapat menginspirasi para siswa sekaligus.

Untuk memudahkan penugasan, saya pun menyarankan para siswa untuk mencari sosok yang ada di sekitar mereka saja.

Misalnya, ayah atau ibu, kakek atau nenek, guru, atau bisa juga saudara mereka yang sudah menyelesaikan perkuliahan atau sudah bekerja.

Baca Juga: Pelajari Prinsip Hidup Sederhana Keluarga Miliarder Nomor Satu Indonesia 


Dengan cara itu, tentu akan memudahkan para siswa mengerjakan penugasan tersebut. Artinya, para siswa tidak terlalu sulit menuliskan sosok tersebut karena sudah dikenal sebelumnya. Serta dari segi waktu memudahkan para pelajar untuk melakukan wawancara.

Sebagai informasi, menulis kisah seseorang (biografi singkat) ini, merupakan penugasan untuk mengevaluasi pengetahuan siswa tentang konsep sejarah.

Baik itu konsep sejarah yang berkaitan dengan unsur sejarah (yang terdiri atas: manusia, tempat, dan waktu).

Begitu pula dengan pemahaman para siswa tentang perubahan dan keberlanjutan dalam sejarah. Hingga menumbuhkan pemahaman dan kesadaran bahwa peristiwa masa lalu akan memengaruhi masa kini seseorang, demikian pula dengan peristiwa masa kini akan memengaruhi masa depannya.