Awas! Macam-Macam Modus Penipuan Kripto dan Cara Menghadapinya!

Macam-macam penipuan kripto dan cara menghadapinya (Foto. freepik.com)

Like

Di era digital ternyata ada uang digital yang disebut cryptocurrency, dengan teknologi kriptografi dan demi keamanan transaksi.

Dengan popularitas yang terus meningkat, kripto menarik perhatian banyak orang, termasuk penipu. Sayangnya, semakin banyak penipuan kripto yang muncul, mengakibatkan kerugian bagi banyak investor.

 

Mengapa Semakin Banyak Penipuan?

Banyaknya penipuan kripto disebabkan oleh beberapa faktor. Pertama, kurangnya regulasi di pasar kripto membuatnya mudah bagi penipu untuk beraksi.

Selain itu, ketidaktahuan masyarakat tentang cara kerja kripto juga menjadi lahan subur bagi penipuan. Penipuan ini seringkali menjanjikan keuntungan besar dalam waktu singkat, yang menarik perhatian banyak orang.

Baca Juga: Ciri Penipuan Investasi Kripto: Jangan Sampai Tertipu!


Jenis Penipuan Kripto di Tahun 2024

  1.  Phishing: Penipu menggunakan email atau situs web palsu yang menyerupai platform kripto terkenal untuk mencuri informasi akun pengguna.
  2. Rug Pull: Pengembang mengumpulkan dana dari investor dan kemudian menghilang tanpa meninggalkan jejak, membuat investasi menjadi tidak bernilai.
  3.  Pump and Dump: Penipu menggelembungkan harga koin dengan informasi palsu, menarik investor baru, lalu menjual koin mereka saat harga tinggi, meninggalkan investor lainnya dengan kerugian.
  4.  Airdrop Palsu: Penipu menawarkan koin gratis sebagai bagian dari airdrop, tetapi meminta informasi pribadi atau dana dari korban untuk mengklaimnya.
  5. Trading Bot Palsu: Ada banyak layanan trading bot yang menjanjikan keuntungan otomatis tinggi, tetapi sebagian besar adalah penipuan yang mengambil dana pengguna.