Memulai Bisnis Microgreens di Usia 21 Tahun, Bagaimana Strateginya?

Almanda Zerara Co-Founder Mycrogreens.id yang memulai bisnisnya di suia 21 tahun (Foto Dokumen Bisnis Muda)

Like

Be-emers, apa yang kamu lakukan di usia 21 tahun? Mungkin ada yang masih kuliah atau ada yang sudah mulai bekerja. 

Begitu pun dengan Almanda Zerara atau yang akrab di sapa Rara. Ia merupakan Co-Founder dari Mycrogreens,id yang kini mampu mendapatkan omset hingga puluhan juta setiap bulannya. 

Microgreens sendiri adalah tanaman yang dipanen dalam rentang usia 7-14 hari dan memiliki nilai jual tinggi. Sesuai dengan namanya, microgreens memiliki ukuran yang "mini", biasanya digunakan dalam garnish makanan. 


Perjalanan Membangun Microgreens

Dalam kunjungan tim Bisnis Muda ke kantor Mycrogreens.id, Rara menuturkan alasanya memgapa memilih bisnis microgreens. Ia bercerita, bahwa bisnis ini awalnya digunakan untuk mengisi waktu luang. 

Lalu, ia bertemu dengan salah satu rekan lainnya yang memiliki background dibidang pertanian. Kemudian, Rara pun ditawari untuk berkerjasama memulai bisnis ini. 

Berbekal latar belakang pendidikannya sebagai mahasiswa gizi, ia pun mempelajari kandungan gizi apa yang ada di dalam tanaman ini. 


Ternyata, meskipun kecil microgreens menyimpan nutrisi yang sangat besar. Hal ini disebabkan karena sistem dan proses tanaman yang berbeda jika dibandingkan dengan tanaman lain. 

Meski memiliki latar belakang dibidang gizi dan rekan kerja dari bidang pertanian, ternyata tidak membuat jalan bisnisnya mudah. 

Rara sempat mengalami gagal panen dan gagal pemasaran, bahkan sempat vakum. Bukan untuk menyerah, ternyata tawaran baik dari sebuah restoran bintang 5 di Kota Bogor membuatnya kembali bersemangat. 

Padahal, kala itu Rara dan tim sedang tidak memiliki stock. Berkat keterampilannya dan tim, kini mycrogreens.id sudah memiliki omset puluhan juta setiap bulannya.