5 Tips Berinvestasi Kripto, Cara Jitu Terhindar dari Penipuan!

Tips aman saat investasi kripto (sumber gambar : Pexels.com/Worlspectrum)

Like

Berbicara mengenai mata uang kripto merupakan topik yang sangat disukai oleh kaum muda saat ini. Akan tetapi masih banyak pula yang merasa asing dengan mata uang ini.

Apa sebenarnya cryptocurrency atau sering disebut mata uang kripto. Diambil dari laman kemenkeu.go.id, yang dimaksud cryptocurrency adalah mata uang virtual yang keamanannya dijamin oleh kriptografi.

Kriptografi akan membuat uang krypto tidak mungkin dipalsukan atau dibelanjakan secara ganda, sehingga walaupun penggunaannya secara virtual tidak akan ada pemalsuan yang merugikan pemiliknya.

Menjadi investasi yang cukup menguntungkan membuat cryptocurrency ini menjadi sesuatu yang banyak dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab, salah satunya dengan melakukan berbagi jenis penipuan.

Baca Juga: Menghindari Penipuan Kripto di Era Digital
 

Macam-Macam Penipuan Kripto

Beberapa jenis penipuan tersebut seperti.


1. Phising, yaitu dengan menggunakan tautan yang kemudian diarahkan ke situs palsu dan membuat pelaku mendapatkan data diri kita untuk menguras dompet kripto kita.

2. Investasi palsu, dilakukan seseorang dengan menjanjikan keuntungan besar pada investasi kripto ini. Akan tetapi janji untuk mendapatkan keuntungan tersebut ternyata tidak pernah terwujud.