Bagaimana Implementasi Nilai Pancasila dalam Budaya Kerja?

Peringatan Hari Pancasila (Wikimedia Commons)

Like

Memperingati Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober bukan hanya sekedar kegiatan yang dilakukan di tempat pendidikan, sekolahan atau instansi pemerintahan melainkan institusi swasta seperti tempat industri pekerja kantoran juga penting untuk mengadakan peringatan hari kesaktian Pancasila.

Rasa-rasanya tidak banyak saya menemukan perusahaan yang memberikan afirmasi dan pentingnya implimentasi nilai-nilai Pancasila kepada karyawannya.

Bukan hanya untuk karyawan saja, begitupula visi perusahaan akan lebih bermartabat jika dapat mengadopsinya.

Terdengar gagasan yang muluk (idealisme) namun jika berhasil diterapkan akan memberikan dampak yang signifikan bagi perkembangan bisnis kedepannya.


Manfaat Perusahaan yang Menerapkan Nilai Pancasila

Jika dilihat dari sudut pandang pemilik perusahaan, mengadopsi nilai pancasila untuk keberlangsungan bisnis akan membuat tujuan perusahaan lebih terarah dan juga bisa mencapai target dan juga punya dampak sosial yang menguntungkan.

Baca Juga: Tantangan Implementasi Nilai-Nilai Pancasila di Masa Kini

 
  • Industri yang menguntungkan masyarakat sekitarnya
Proyek yang memanusiakan manusia, istilah ini tepat banget khususnya buat perusahaan manufaktur dan kontruksi. Apalagi perusahaan yang aktivitasnya menambang alam yang punya dampak lingkungan secara langsung. Tidak hanya lingkungan saja yang harus diperhatikan namun juga dampak ekonomi seperti membangun perekonomian sekitar dengan menyerap tenaga kerja.
 
  • Keadilan yang dijunjung tinggi antara semua karyawannya
Bagi semua pekerja pastinya ingin mempunyai atasan yang adil terhadap bawahannya. Memperlakukan satu sama lain dengan penuh keadilan. Memang adil tidak bermakna selalu sama tapi disesuaikan dengan porsi tanggungjawabnya. Keadilan juga berpengaruh pada tingkat rasa nyaman di tempat kerja tersebut.
 
  • Punya tim yang solid (persatuan) memicu kenaikan omset perusahaan
Tentu karyawan yang punya semangat persatuan dan solid akan membuat penjualan perusahaan meningkat. Kerja tim akan berjalan dengan sendirinya, tidak susah bagi seorang manajer untuk menambah target jika emosional tim sudah terjalin.