Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Implementasi untuk Kehidupan Sehari-hari!

Peringatan hari kesaktian Pancasila dapat dilakukan denganj implementasi dalam kehidupan sehari-hari Dokumentasi Pribadi

Like

Hari ini (1 Oktober 2024), negara kita memperingati Hari Kesaktian Pancasila.

Tentunya, peringatan tersebut tidak terlepas dari kesaktiannya menghadapi sebuah gerakan yang mencoba menggantikannya sebagai ideologi negara.

Adapun gerakan yang dimaksudkan adalah G30S/PKI atau yang dikenal dengan Gerakan 30 September yang dilakukan oleh PKI.

Nah, melalui peringatan ini, tentu sebagai bagian dari negeri ini, kita diingatkan dan disadarkan agar selalu menghargai perjuangan mereka yang telah gugur dalam mempertahankan Pancasila sebagai ideologi negara.

Selain itu, peringatan ini menjadi sebuah momentum untuk mengingatkan kembali komitmen kita menjaga ideologi Pancasila, tentu dengan mengimplementasikan nilai-nilai yang dikandungnya dalam kehidupan  bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Baca Juga: Menggali Kembali Implementasi Nilai-nilai Pancasila di Era Digital


Adapun nilai-nilai Pancasila yang dimaksudkan seperti berikut.
Ketuhanan yang Maha Esa, Kemanusian yang Adil dan Beradab, Persatuan Indonesia, Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan, serta Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia.

Berharap dengan mengimplementasikan nilai-nilai dari Pancasila tersebut kita dapat memperkuat identitas bangsa. Identitas ini tentu menjadi pembeda dengan bangsa lain, sekaligus harus menjadi kebanggaan bangsa kita.

Selain itu, dengan mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila tersebut akan menumbuhkan sikap toleransi dan saling menghargai perbedaan agama yang ada. Penghargaan atas harkat dan martabat manusia. Menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Meningkatkan kualitas demokrasi. Serta, mendorong rasa keadilan bagi seluruh masyarakat Indonesia.