Risiko dan Cara Menjaga Kesehatan Mental Remaja

Ilustrasi Gangguan Mental Bagi Remaja (Foto : Pexels)

Like

Remaja merupakan tahap berkembang dan sering menghadapi berbagai perubahan fisik secara emosional yang dapat mempengaruhi kesehatan mental mereka.

Terdapat beberapa faktor risiko yang dapat meningkatkan kemungkinan gangguan kesehatan mental pada remaja, salah satunya adalah pola asuh orang tua.

Beberapa orang tua mungkin tidak menyadari bahwa telah bersikap terlalu over protektif dan memberikan tekanan terhadap anaknya.

Faktor seperti itulah yang sering menyebabkan remaja mengalami gangguan kesehatan mental.

Perlu mengetahui faktor serta cara mengatasi gangguan mental remaja tersebut. Berikut ini beberapa faktor risiko yang perlu diketahui:
 

Faktor Menggunakan Media Sosial Berlebihan

Kehadiran media sosial dengan menggunakan secara berlebihan dalam kehidupan remaja dapat memberikan dampak negatif pada kesehatan mental mereka.


Karena adanya tekanan untuk memenuhi standar kesempurnaan yang ditampilkan di media sosial, serta terpapar konten negatif seperti cyberbullying dapat memicu gangguan kecemasan yang berlebihan sehingga membuat remaja depresi.
 

Faktor Keluarga dan Lingkungan

Ketika remaja bertumbuh di lingkungan yang tidak stabil, sering dikucilkan di lingkungannya, seperti keluarga yang sering bertengkar, orang tua yang sering membeda-bedakkan anak-anaknya, kurangnya kasih sayang atau kepedulian dari orang tua akibat terlalu sibuk bekerja, mereka menjadi korban perceraian dan keegoisan orang tua, sehingga anak remaja rentan mengalami gangguan kesehatan mental.