Panduan Menggunakan Kartu Kredit dengan Bijak, Tips untuk Pemula!

Di balik kemudahan kartu kredit juga memiliki jebakan keuangan riskan (freepik.com)

Jauh sebelum ada paylater, kartu kredit telah hadir sebagai alat pembayaran fleksibel. Dengan konsep yang sama, belanja sekarang bayar belakangan.

Namun, di balik kemudahannya, baik paylater atau kartu kredit dapat menjadi dua mata pedang bagi penggunaannya.
 
Lantas, bagaimana cara menggunakan kartu kredit agar tidak boncos terlebih bagi pengguna pemula? Apa yang harus dipertimbangkan sebelum memilih untuk memiliki kartu kredit? 
 
Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, mari kita pahami dahulu apa kelebihan dan kekurangannya, serta bagaimana tips bijak menggunakannya. 
 
 

Pengertian Kartu Kredit

Kartu kredit merupakan alat pembayaran berbasis pinjaman yang diberikan oleh bank atau lembaga keuangan kepada nasabahnya. 
 
Selanjutnya kartu kredit ini bisa digunakan untuk membeli barang atau jasa sekarang dan membayarnya di kemudian hari.
 
Untuk pembayarannya biasanya dalam bentuk cicilan atau pembayaran penuh pada bulan berikutnya. Dengan kata lain, setiap kali nasabah menggunakan kartu kredit, makan pihak bank akan membayarnya dengan memberikan pinjam sejumlah uang kepada nasabah untuk sementara waktu.
 
Bank menetapkan batas kredit (limit), yaitu jumlah maksimal yang dapat dipinjam oleh nasabah. Selain itu, bank juga membebankan bunga jika pembayaran tidak dilakukan secara penuh pada tenggat waktu yang telah ditentukan. 
 
Sistem inilah yang sering kali menyebabkan pemilik kartu kredit terjebak pada hutang dengan akumulasi yang besar. 
 
 

Kelebihan Kartu Kredit

Meskipun serupa dengan dua mata pedang yang mengancam penggunaan, pada kenyataan banyak yang memilih memiliki kartu kredit.

Hal tersebut karena Kartu kredit menawarkan hal lain selain kemudian memperoleh pinjaman atau hutang. Ada berbagai kelebihan kartu kredit yang membuatnya diminati banyak orang, seperti:

Baca Juga: Cara Tarik Tunai Kartu Kredit Mandiri, Gampang
 

1. Kemudahan Bertransaksi

Kartu kredit sebagai alat pembayaran yang fleksibel memberikan kemudahan dalam bertransaksi, baik secara offline maupun online, bahkan di luar negeri. 
 
Jika memiliki kartu kredit kita tidak perlu membawa uang tunai dalam jumlah besar, cukup gesek atau tap kartu kredit untuk melakukan pembayaran.
 
 
 

2. Cicilan Tanpa Bunga

Kelebihan lain dari kartu kredit adalah bank banyak menawarkan program cicilan 0% untuk pembelian tertentu. Hal ini memungkinkan pengguna membayar barang secara bertahap tanpa dikenakan bunga, dengan ketentuan bahwa cicilan dibayar tepat waktu.
 
 

3. Poin dan Reward

Hal menarik lainnya adalah kartu kredit memberikan keuntungan tambahan berupa poin belanja, diskon khusus, atau cashback. di mana poin-poin tersebut bisa ditukarkan dengan berbagai produk atau layanan yang bekerja sama dengan bank penerbit kartu kredit.
 
 
 

4. Keamanan Transaksi

Kartu kredit juga dilengkapi dengan fitur keamanan yang baik. Seperti teknologi chip dan sistem OTP (One-Time Password) untuk transaksi online. Jika kemudian terjadi transaksi tidak sah, pemilik dapat mengajukan klaim untuk mendapatkan penggantian.
 
 
 

5. Fleksibilitas Pengaturan Keuangan

Nah, selanjutnya jika digunakan dengan bijak, kartu kredit dapat membantu pemilik dalam pengaturan keuangan, terutama ketika ada kebutuhan mendesak. Kartu kredit memberikan akses cepat ke dana darurat tanpa perlu menarik uang tunai secara langsung.