Mindfulness Itu Apasih, Kenapa Harus Jadi Mindfulness?

Mindfulness adalah

Like

Tingginya tuntutan yang diterima dan tidak diimbangi dengan kesehatan tubuh dan jiwa, seringkali membuat seseorang mudah mengalami stres berkelanjutan. Belum lagi pikiran akan kegagalan semakin memperburuk kondisinya sendiri. 

Beruntungnya kamu bisa mempelajari metode mindfulness sebagai solusi cerdas meredakan stres yang diakibatkan oleh gangguan kecemasan. Pasalnya mindfulness adalah cara jitu memusatkan perhatian yang melibatkan kesadaran seseorang. 

Penasaran dan ingin menerapkan tips tersebut bagi kesehatan emosional ? Berikut beberapa tips yang bisa kamu terapkan, dan sebaiknya lakukan secara rutin demi mendapatkan hasil lebih maksimal.  Ini dia tips cerdas Menerapkan Midfulness:


1. Dimulai dengan Adanya Tujuan 

Sebelum melaksanakan suatu aktivitas, tentunya kamu memiliki tujuan tersendiri kenapa harus melakukannya. Begitu pula ketika hendak penerapan metode mindfulness sendiri, mengingat adanya tujuan akan membuat kamu lebih terpacu dibandingkan mereka yang hanya asal ikut ikutan saja mencobanya. 

Berawal dari tujuan inilah yang nantinya akan mempengaruhi setiap tindakan, kata, maupun respon yang diberikan. Sebab metode ini berkaitan erat dengan alam bawah sadar, yang bertanggung jawab untuk mengambil keputusan dan perilaku seseorang. 

Sebab mindfulness adalah  suatu metode yang siap membantu kamu dalam menyelaraskan pikiran yang berawal dari alam bawah sadar dan dorongan emosional seseorang. Ketika praktik ini dilakukan secara rutin, dijamin segudang manfaat bisa Anda dapatkan. 


Baca juga: Cara Menghilangkan Stres dan Anxiety Karena Pekerjaan


2. Mengendalikan Diri Saat Mengemudi

Pernahkah kamu mengalami emosi tidak terkendali saat mengemudi ? Kondisi ini dapat terjadi karena beberapa hal seperti kepadatan kendaraan yang terus meningkat, pengendara lain yang ugal ugalan, dan berbagai masalah lainnya yang berhasil memancing emosi dan stres di pikiran. 

Dibalik kata musibah di jalanan yang macet tersebut, siapa sangka justru bisa menjadi cara terbaik untuk melatih metode mindfulness. Metode ini juga mampu tingkatkan rasa empati terhadap orang yang ada di sekitar sekaligus mengembalikkan keseimbangan serta perspektif seseorang terhadap sesuatu. 


3. Melatih Pikiran dan Otot 

Apakah kamu termasuk orang yang gemar berolahraga ? Tampaknya inilah kesempatan emas untuk melatih metode mindfulness. Jenis olahraga yang bisa dilakukan pun cukup sederhana, mulai dari bersepeda santai di komplek rumah hingga angkat beban pun bisa dilakukan. 

Setiap aktifitas fisik mengharuskan tubuh bergerak dan dapat mengatur nafas dengan baik agar olahraga berjalan lancar, mengingat mindfulness adalah metode yang dilakukan untuk memusatkan pikiran terhadap apa yang dilakukan dan melibatkan kesadaran seseorang. 

Sebab kedua aktifitas tersebut membuat aliran darah di dalam tubuh menjadi dua kali lebih lancar serta menguatkan sel tubuh dengan maksimal. Bahkan selama proses berolahraga, secara tidak langsung kamu harus menyinkronkan antara pikiran, sistem saraf, serta tubuh dalam waktu yang bersamaan. 


4. Menikmat Acara Makan Kamu

Menerapkan metode mindfulness saat mengkonsumsi baik makanan maupun minuman, ternyata dapat membangkitkan rasa lebih sedap. Hal ini terjadi karena kamu akan lebih berfokus terhadap rasa makanannya, sekaligus memahami alasan mengapa tubuh memberikan sinyal kelaparan. 

Ketika menerapkan metode satu ini, kamu pun secara sadar mengetahui berapa banyak porsi makan yang dibutuhkan tubuh. Jika memungkinkan, terapkan metode tersebut dengan menghindari dari berbagi distraksi seperti menonton televisi, bermain game, dan sejenisnya. 

Sesuai dengan pengertiannya sendiri bahwa mindfulness adalah proses dimana seseorang harus memusatkan pikiran dan perhatiannya secara sadar dengan tujuan menenangkan pikiran. Alhasil rasa setiap makanan maupun minuman yang dikonsumsi akan terasa berbeda dari hari biasanya. 

Beberapa waktu belakangan, metode mindfulness mendapatkan panggung di pikiran masyarakat seiring banyaknya jumlah orang yang merasa dirinya stres akibat banyaknya tekanan dan pikiran hidup. 

Bisa dijadikan sebagai obat alami, namun perlu diketahui bahwa tingkat kesembuhannya sendiri tidaklah instan seperti yang dipikirkan. Setidaknya membutuhkan latihan dan usaha, namun yang terpenting adalah kamu ingin mencoba dengan sabar demi mendapatkan manfaatnya. 

Baca juga: Cara Menjadi Diri Sendiri Di Dunia yang Kompetitif, Yuk Rehat Sebentar