Cara Menghilangkan Stres dan Anxiety Karena Pekerjaan

Cara menghilangkan stress (Sumber: Pixabay.com)

Cara menghilangkan stress (Sumber: Pixabay.com)

Like

Stres akibat pekerjaan menjadi salah satu kondisi yang wajar dan pasti dialami oleh setiap orang yang bekerja. Namun, jika kondisi dibiarkan secara terus menerus maka akan berakibat pada kesehatan mental kamu.

Apalagi jika stres yang kamu alami semakin parah lantaran karena bertambahnya masalah di tempat lain. Stres berlebihan harus segera ditangani, mengingat hal ini akan berdampak pada jangka panjang.

Stres berat yang dibiarkan juga bisa mempengaruhi kehidupanmu yang lain seperti keluarga. Berikut beberapa cara menghilangkan stres yang bisa kamu lakukan. 


Kenali Penyebab Utama Stres

Langkah pertama untuk mengatasi masalah stres akibat beban pekerjaan yang terlalu berat yaitu dengan mengenali penyebab stres itu sendiri. Ada banyak penyebab stres salah satunya beban pekerjaan yang semakin berat. 

Selain itu, kondisi lingkungan yang tidak sesuai dengan kepribadian kamu juga bisa menjadi salah satu penyebab stres. Namun bisa jadi penyebab stres juga karena kamu termasuk orang yang perfeksionis.

Mengerjakan pekerjaan yang sebaik mungkin memang nilai bagus. Namun jika kamu terlalu perfeksionis maka kamu akan kesulitan menyelesaikannya, sehingga hal ini berdampak pada stres yang semakin parah.


Sikap perfeksionis justru akan semakin merepotkan kamu. Cara menghilangkan stres yaitu dengan menyelesaikan pekerjaan sebaik mungkin, tanpa perlu mengharapkan kesempurnaan yang sulit untuk dicapai. 

Secara umum penyebab stres terdiri dari faktor eksternal dan faktor internal. kamu juga bisa mengalami stres karena atasan yang menuntut kamu terlalu tinggi untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut.

Baca juga: Bukan Soal Pintar, Pebisnis Sukses Punya Sifat Kritis Seperti Ini


Mencari Tahu Cara Menyelesaikan Pekerjaan 

Jika memang stres yang kamu alami dikarenakan pekerjaan yang terlalu banyak, maka kamu perlu mencari tahu cara mengatasinya. Pekerjaan yang menuntut deadline seringkali menyebabkan kamu mengalami depresi.

Tentu kamu akan kesulitan untuk menyelesaikan pekerjaan dalam satu waktu. Nah cara terbaik untuk mengurangi stres akibat pekerjaan yang terlalu berat yaitu dengan menentukan prioritas kerja utama.

Sebaiknya kamu menyelesaikan pekerjaan dengan deadline yang terdekat yang paling awal. Baru kemudian kamu bisa mengerjakan pekerjaan lain yang memiliki deadline selanjutnya.

Cara menghilangkan stres dengan mengerjakannya tanpa perlu menghiraukan rekan kerja orang lain yang menggunjing kamu. Memperdulikan mereka justru bisa mengganggu kinerja kamu.

Bukan masalah jika kamu memperdulikan hal hal baik, selama itu berupa saran untuk mempermudah dalam menyelesaikan pekerjaan kamu. Namun abaikan jika perkataan mereka tidak penting.


Mengatur Pola Makan dan Pola Tidur 

Cara mengatasi stres akibat pekerjaan selanjutnya yaitu dengan mengatur pola makan dan pola tidur. Pasalnya waktu istirahat yang kurang bisa membuat kamu semakin stres.

Tak hanya itu, kurang tidur juga menyebabkan performa dan kinerja kamu semakin menurun. Jadi pastikan kamu memiliki waktu istirahat yang cukup dengan cara tidur lebih awal.

Selain itu, makan makanan yang kamu sukai juga bisa menjadi obat yang paling tepat untuk mengatasi stres akibat pekerjaan. kamu bisa memilih makanan sehat yang bisa meningkatkan suasana hati.

Makanan sehat juga memberikan efek yang positif terhadap kesehatan tubuh kamu. Beberapa makanan favorit yang kerap dijadikan cara menghilangkan stres antara lain coklat, es krim atau jus.

Sebenarnya cara untuk mengatasi stres bisa disesuaikan dengan penyebab stres itu sendiri. kamu harus segera mengatasinya jika stres yang kamu alami sudah pada tahap yang semakin parah.

Mungkin di tahapan pertama kamu tidak perlu khawatir karena masih pada kondisi yang normal dan bisa diatasi dengan baik. Namun stres pada tahapan selanjutnya perlu diwaspadai karena bisa mengganggu aktivitas kamu. 

Gimana teman-teman? Semoga kamu bisa lebih santai dan menikmati apa yang kamu sedang kerjakan saat ini, yah! Dengan begitu, kamu merasa bahwa kejenuhanmu memberi suatu hal yang bermanfaat. 

Baca juga:  Find Your ZEN! Tips Work Life Balance untuk Hidup Lebih Seimbang