Resesi dan Pandemi Bukan Penghalang, Begini Cara Dapat Cuan Tambahan

Side Job - Canva

Like

Pandemi ditambah adanya kabar kalau pertumbuhan ekonomi Indonesia minus alias kena resesi, membuat sebagian orang merasa was-was. Soalnya, di tengah ketidakpastian ekonomi, banyak yang mengalami kerugian hingga kehilangan pendapatan.

Namun, haruskan kita panik?

Tenang, resesi itu bukan akhir dari segalanya kok, Be-emers. Menurut Financial Trainer QM Financial Emiralda Noviarti, dikutip dari Bisnis, cara paling baik yang dapat dilakukan dalam kondisi ini adalah dengan mencari penghasilan tambahan.

Gimana caranya?

Kamu bisa melakukan banyak cara untuk dapat cuan tambahan. Misalnya, dengan cara berdagang, menjadi seorang freelancer, atau mencari pekerjaan dari hobi seperti fotografer, blogger, dan sebagainya.


Nah, buat kamu yang ingin mendapatkan penghasilan dengan cara berbisnis, kamu perlu juga nih memperhatikan empat perubahan perilaku masyarakat selama pandemi. Menurut, riset Inventure Knowledge, perubahan ini bisa dimanfaatkan untuk mencari peluang bisnis lho!

Baca Juga: Bisa Menambah Pendapatan, Yuk Simak 6 Contoh Bisnis yang Laku Setiap Hari
 

Stay at Home Lifestyle

Di masa pandemi ini, banyak masyarakat yang menghabiskan banyak waktunya di rumah. Dari situ banyak yang menjalankan hobi barunya seperti memasak, berkebun, menghias rumah, dan lainnya.

Nah, dalam kondisi ini lah kamu bisa mencari peluang dengan menjual berbagai hal yang dibutuhkan masyarakat. Misalnya, menjual frozen food atau peralatan memasak, tanam hias, bahkan ikan cupang yang saat ini telah menjadi hobi baru masyarakat.
 

Kembali Pada Kebutuhan Dasar

Disadari atau enggak, pandemi ini bikin perilaku masyarakat yang kembali pada kebutuhan dasar lho.

Misalnya, masyarakat membutuhkan makanan, produk groceries, produk kesehatan yang di masa pandemi ini juga telah menjadi kebutuhan mendasar, termasuk masker, desinfektan, hand sanitizer, hingga jamu-jamuan dan empon-empon.
 

Beralih ke Digital

Selanjutnya, perubahan perilaku masyarakat yang beralih ke digital sehingga penggunaan teknologi sangat terdongkrak.

Nah, dalam kondisi ini, para pelaku usaha harus dapat segera memanfaatkan teknologi digital dengan menjual produknya secara online melalui website atau media sosial.

Enggak cuma dalam bentuk produk, teknologi juga bisa digunakan untuk menawarkan jasa, seperti memberikan pelatihan dan konsultasi.
 

Lebih Empati

Terakhir, perubahan perilaku masyarakat yang lebih empati kepada sesama sehingga jiwa tolong menolongnya sangat tinggi.

Pada kondisi ini, kamu  bisa memanfaatkan emphaty society dengan menyisihkan sebagian pendapatan untuk membantu mengatasi pandemi Covid-19. Selain beramal, cara ini juga bisa dilakukan untuk lebih menarik empati masyarakat lho.

Baca Juga: Ini Ide Bisnis 2020 Hingga 2021 yang Sederhana, Yuk Simak!