Jadi "Pahlawan Finansial" dalam Keluarga? Ini 5 hal yang Perlu Kamu Lakukan

Money - Canva

Money - Canva

Like

Ngomongin masalah keuangan, buat kamu yang sudah berkeluarga, rasanya pasti beda dengan ketika masih single alias lajang kan?

Apalagi, di situasi sulit seperti pandemi Covid-19, kamu pun enggak bisa sembarangan dalam mengatur keuangan. Soalnya, sebagai “pahlawan finansial” dalam keluarga, kamu sudah enggak bisa lagi egois untuk memikirkan diri kamu sendiri nih.

Nah menurut Financial Trainer QM Financial Emiralda Noviarti, dikutip dari laman Bisnis, ada 5 hal yang perlu dilakukan untuk mampu menjadi pahlawan finansial dalam keluarga nih.

Baca Juga: Gaji Kamu Dipotong? Jangan Sedih, Simak Tips Keuangan Berikut Yuk!
 

Proteksi Penghasilan Utama

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah melindungi penghasilan utama kamu nih, Be-emers.

Caranya, kamu bisa menganalisa kondisi tempat bekerja dan mencari cara menjadi solusi agar bisnis dapat tetap berjalan. Sehingga, jika terjadi masalah dalam penghasilan, hal itu bisa segera diatasi.


Selain itu, kalau memang penghasilan utama kamu dirasa bermasalah, kamu bisa mencari jalan keluar dengan menemukan peluang pintu penghasilan lainnya. Misalnya, dengan berdagang, menjadi seorang freelancer, atau mencari pekerjaan dari hobi seperti fotografer, menjadi blogger, dan lainnya.
 

Atur Ulang Budget

Selanjutnya, kamu bisa atur ulang budget bulanan. Caranya, kamu bisa membagi pengeluaran dalam 5 pos utama yaitu:
Cicilan,
  • Pengeluaran rutin,
  • Menabung atau investasi, 
  • Sosial, dan
  • Lifestyle

Menurut Emiralda, hal itu dilakukan dengan besaran setiap pos berbeda-beda. Misalnya, untuk cicilan maksimal 30 persen, biaya rutin 40 persen, tabungan 10 persen, sosial 2,5 persen, dan kebutuhan pribadi 20 persen.

Di masa sulit seperti pandemi, kamu bisa pangkas pos budget seperti lifestyle atau biaya “nongkrong”.
 

Punya Dana Darurat

Dalam keluarga, segala kemungkinan bisa saja terjadi. Untuk itu, penting banget mempersiapkan dana darurat yang cukup.

Buat kamu yang sudah berkeluarga, besaran dana darurat yang kamu miliki bisa mencapai 12 kali lipat dari kebutuhan bulanan lho!
 

Punya Asuransi

Ini jelas penting banget untuk kamu melindungi diri, terutama di masa pandemi, yang mana kesehatan sangat diutamakan. Kamu pun bisa pilih asuransi kesehatan dan asuransi jiwa yang cocok dengan budget serta kebutuhan.
 

Review Rencana dan Performa Investasi

Terakhir, kamu bisa review rencana dan performa investasi sesuai dengan tujuan finansial. Penting untuk kamu pahami instrumen investasi dan faktor risikonya, agar bisa membantu tercapainya tujuan finansial dalam rentang waktu yang sudah kita tentukan sebelumnya.

Adapun, menurut Emiralda, ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu tujuan sebelum berinvestasi. Soalnya, jenis investasi yang diambil bisa disesuaikan sehingga bisa meminimalisir faktor risiko.

Baca Juga: Sudah Berkeluarga di Usia Muda? Ini Instrumen Investasi yang Pas untuk Kamu!