Begini Cara Memanfaatkan Media Sosial untuk Bisnis UMKM

Social Media - Canva

Like

Beberapa tahun lalu, mungkin media sosial hadir sebagai wadah untuk berjejaring di dunia internet doang nih. Berkat media sosial, kamu jadi bisa terhubung dengan teman di sekolah, hingga mendapatkan teman baru.

Namun, sekarang media sosial sudah berkembang pesat nih, Be-emers. Bahkan, kini kamu bisa menghasilkan pundi-pundi cuan lewat media sosial lho!

Dengan media sosial, kamu juga cukup menghemat biaya untuk mempromosikan produk UMKM lho. Enggak cuma itu, jangkauan untuk calon pelanggan pun semakin luas.

Lebih dari itu, berbagai media sosial kini dilengkapi dengan fitur “Business”, seperti yang tersedia di platform Instagram, Facebook, hingga TikTok.

Fitur tersebut juga cukup ramah nih buat para penggunanya. Selain itu, kamu bisa memanfaatkan fitur data tentang perilaku konsumen hingga layanan iklan.


Meski begitu, sayang banget kalau kamu enggak bisa mengoptimalisasikannya dengan baik nih, Be-emers. Makanya, dikutip dari laman Bisnis, ada sejumlah cara atau strategi yang bisa dicoba untuk memanfaatkan media sosial dalam pemasaran produk kamu.

Baca Juga: Strategi Social Media Marketing untuk UMKM
 

Tetapkan Tujuan

Menurut Digital Creator Ndorokakung, hal yang pertama kali kamu bisa lakukan adalah dengan menetapkan tujuan. Dari sini lah, nantinya kamu akan dengan mudah mengoptimalisasi media sosial kamu dengan baik.

Misalnya, kamu bisa tentukan hal-hal seperti:
  • Brand awareness
  • Meningkatkan penjualan
  • Mencari lead
Selain itu, kamu juga bisa menentukan KPI, seperti apakah media sosial tersebut digunakan juga untuk meningkatkan traffic ke website, lead, atau penjualan?
 

Tetapkan Target Pasar & Konten

langkah selanjutnya yakni menetapkan target pasar. Ingat, kamu bisa memanfaatkan demografi data pengguna media sosial untuk menentukan target pasar kamu.

Kalau target pasar kamu sudah disesuaikan dengan usia, wilayah, kelompok, hingga jenis kelamin atau pekerjaan, kamu bisa pilih media sosial mana yang cocok dan sesuai dengan brand kamu.

Menentukan target pasar ini cukup krusial juga lho. Soalnya, hal ini bakal menentukan konten seperti apa yang cocok dan sesuai sama target pasar yang diinginkan.

Barulah, setelah itu, kamu bisa membuat konten. Namun, kamu juga perlu pastikan kalau konten tersebut bisa menjawab kebutuhan konsumen dan mudah untuk diakses. Hal itu bisa meningkatkan engagement kamu lho!

Baca Juga: Cari Cuan Lewat Medsos, Monetisasi Lewat Aplikasi Hyppe Bisa Jadi Pilihan Nih