Diet Juga Perlu Sarapan Lho! Ini Rekomendasi Jenis Makanannya

Diet - Canva

Diet - Canva

Like

Bagi sebagian orang, menjaga berat badan itu penting lho. Bukan hanya untuk penampilan, hal itu juga berguna untuk menjaga kesehatan tubuh.

Soalnya, diet juga bisa membantu kamu untuk lebih memilih makanan yang lebih sehat, hingga mengatur pola makan dengan baik.

Namun, di sisi lain, masih banyak yang menganggap diet hanya dilakukan dengan mengurangi porsi makan doang nih. Bahkan, ada yang menganggap sarapan bisa membuat diet mereka gagal.

Wah, padahal, sarapan itu penting banget untuk tubuh kamu sebelum memulai aktifitas. Dilansir dari Alodokter, sarapan punya sejumlah manfaat baik nih untuk tubuh kamu, seperti:
  • Melindungi tubuh dari penyakit
  • Bisa lebih fokus
  • Meningkatkan mood
  • Memberi nutrisi yang dibutuhkan tubuh
  • Membantu menurunkan berat badan!

Nah, biar tubuh kamu tetap fit selama masa diet, kamu bisa coba sejumlah menu sarapan sehat nih. Dikutip dari Bisnis, ini rekomendasi sejumlah menu sarapan untuk kamu yang lagi diet.

Baca Juga: Kamu Lagi Diet? 5 Karbohidrat Berikut Wajib Dikonsumsi



Karbohidrat kompleks
Karbohidrat kompleks merupakan karbohidrat yang serat dan pati alaminya belum terkelupas. Karbohidrat jenis ini punya rantai molekul gula yang lebih panjang, yang membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna.

Makanya, makanan dengan karbohidrat kompleks bisa bikin kamu merasa energik dan kenyang lebih lama. Beberapa contoh umum karbohidrat kompleks yakni kentang, jagung, kacang-kacangan, dan buncis.


Lemak sehat
Kamu mungkin lebih sering mendengar banyak hal buruk tentang lemak. Namun, memiliki lemak sebagai bagian dari makanan sebenarnya baik lho!

Coba deh tambahkan lemak tak jenuh ke dalam makanan kamu, yang bisa membantu menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik kamu. Beberapa contoh lemak baik termasuk alpukat, selai kacang, dan jenis kacang-kacangan lainnya.


Protein
Protein adalah salah satu nutrisi termudah untuk ditambahkan dalam sarapan kamu. Telur, yoghurt yunani, bacon, keju cottage, dan selai kacang adalah beberapa sumber protein yang umum dan bisa kamu konsumsi sebagai sarapan saat diet.


Serat
Kalau kamu memasukkan semua tiga elemen di atas ke dalam piring sarapan, kamu sudah punya semacam elemen serat di dalamnya lho! Namun, untuk tambahan serat, kamu bisa menambahkan beberapa buah-buahan, sayuran tumis, juga ke dalam sarapan kamu!

Baca Juga: Apa Itu Keto Diet? Is It Really Works?