5 Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Mendaftar Asuransi

Berasuransi membawa manfaat (sumber gambar : unsplash.com/Scott Graham)

Like

Melihat perkembangan asuransi akhir-akhir ini di tanah air pasti kita mengikuti perkembangan apa saja yang terjadi, salah satunya adalah pembayaran yang belum selesai oleh pihak asuransi terhadap para klien ya, tentu saja ini menjadi faktor yang dapat mempengaruhi masyarakat untuk mendaftar sebagai anggota asuransi, tetapi minat masyarakat untuk menggunakan asuransi tetap ada. 
Dibawah mungkin bisa menjadi referensi sebelum Anda memutuskan untuk menjadi peserta asuransi. 

1. Perusahaan yang jelas
Banyak sekali perusahaan asuransi yang beredar sekarang ini baik yang berasal dari dalam atau dari luar negeri, tinggal kita memilih dan mengecek status perusahaan asuransi tersebut mulai dari berdiri, akreditasi, produk nya serta penjaminnya dan yang paling penting adalah kemudahan dalam mengurus klaim asuransi, kejelian untuk memilih perusahaan asuransi mana yang akan ada jadikan acuan tentu saja menjadi faktor yang sangat penting.

2. Agen asuransi
Penghubung antara pihak asuransi dan kliennya adalah agen, tugas agen menyampaikan semuanya tentang asuransi, jadi kita harus teliti dan menanyakan lebih detail tentang jenis asuransi jangan sampai asuransi jenis tertentu ternyata didapat asuransi yang bermacam-macam, sebagai contoh kita berniat akan membuat asuransi jiwa maka alangkah lebih baik kita fokus hanya asuransi jiwa saja tidak menambahkan fungsi asuransi yang lainnya. 
Agen-agen yang datang dan menawarkan asuransi harusnya menguasai seluk beluk tentang asuransi yang di tawarkan dan kita wajib tahu dan menanyakan sedetail mungkin tentang jenis asuransi dan berharap agen tersebut menjamin dirinya siap 24 jam apabila dibutuhkan, atau si agen diistilahkan di kontrak seumur hidup.


3. Produk yang ditawarkan
Beberapa perusahaan asuransi menawarkan berbagai jenis asuransinya, yang sering kita dengar adalah asuransi jiwa dan asuransi kesehatan, tetapi sebetulnya ada berbagai jenis asuransi, sekarang tinggal kita yang akan memilih tujuan menggunakan asuransi, apakah sebagai investasi semata atau perlindungan kesehatan dan tujuannya lainnya.

4. Manfaat asuransi
Banyak manfaat yang dapat kita ambil sebagai peserta asuransi, perlindungan diri yang paling utama, dengan menjadi peserta asuransi kemanapun kita melangkah tentunya kita ter proteksi diri dan merasa aman, dan yang paling penting adalah klaim asuransi yang dapat secepatnya kita cairkan. Selain itu ada manfaat investasi yang dalam jangka tertentu kita dapat mengambilnya apabila dibutuhkan.

5. Kemudahan mengakses data
Di era digital seperti saat ini perusahaan asuransi sudah menerapkan sistem digital, jadi segala sesuatu dapat kita akses melalui fitur-fitur yang ada di handphone. Kemudahan ini dimulai saat kita mendaftar sampai dengan kita mendapat mendapatkan nomor polis, hal ini memudahkan para klien untuk mendapatkan informasi sedetail mungkin seperti tanggal pembayaran, nilai tunai, serta hal-hal lainnya yang berhubungan dengan polis kita.
Jadi jangan ragu untuk menggunakan asuransi dan telitilah sebelum Anda mendaftar sebagai peserta asuransi, semoga bermanfaat.