Produk Ini Sering Disangka Buatan Asing Lho! Tebak, Mana yang Asli Buatan Indonesia?

Khong Guan-La Fonte - Canva

Like

Setiap kali belanja ke swalayan, mall, atau di toko kelontong dekat rumah, pasti kamu sering menemukan sejumlah brand yang “membingungkan” asalnya dari mana.

Soalnya, enggak semua produk lokal itu punya desain dan nama brand yang melokal juga lho. Enggak jarang, sebuah brand lokal sering banget disangka produk asing nih.

Kebalikannya, produk asing yang selama ini sudah lama beredar di Indonesia, malah sering disangka produk lokal lho!

Baca Juga: Cara Dapat Uang Rp1,4 triliun dari Elon Musk
 

Fakta Biskuit Khong Guan

Misalnya nih, biskuit Khong Guan. Biskuit yang kalengnya sering banget menipu karena dipakai ulang untuk rengginang dan kerupuk abang ketoprak ini, sudah enggak asing lagi deh buat masyarakat Indonesia.

Bahkan, biskuit yang sudah ada di Indonesia sejak tahun 1970 ini sering banget memicu pertanyaan netizen soal, “Kemana sih sosok ‘Bapak’ dalam foto keluarga di kaleng biskuit Khong Guan?” Hihi.


Memang sih, sesuai taglinenya, yakni “Biskuit Keluarga”, Khong Guan memang sudah lekat banget di setiap keluarga di Indonesia. Namun, kamu tahu enggak sih, biskuit Khong Guan itu justru berasal dari Singapura lho, Be-emers!

Jadi, di tahun 1947, kakak beradik imigran China bernama Chew Choo Keng dan Chew Choo Han mendirikan Khong Guan Biscuit Factory (Singapore) Ltd. Perusahaan biskuit itu berawal dari Han yang menemukan mesin pembuat biskuit dari pabrik tempat mereka bekerja dulu nih.

Siapa sangka, keduanya cuan besar mana kala penjualan biskuit Khong Guan meningkat. Belum lagi, mereka akhirnya bisa ekspansi pabriknya di sejumlah negara Asean, salah satunya Indonesia.

Kini, Khong Guan bahkan sudah ekspansi di sejumlah negara di dunia, seperti Amerika Serikat, China, hingga Arab Saudi.
 

La Fonte: Beneran Asli Italia?

Beraneka ragam pasta seperti spageti, fetucini, fusilli, dan sebagainya memang terkenal berasal dari Italia. Namun, popularitas bahan yang aslinya terbuat dari tepung terigu semolina itu sudah merambah ke seluruh dunia.

Nah, di Indonesia sendiri, kamu bisa menemukan pasta di sejumlah restoran atau bahkan memasaknya sendiri di rumah lho! Soalnya, sekarang sudah tersedia pasta dalam kemasan yang siap dieksekusi di dapur kamu.

Salah satu brand pasta kemasan yang cukup terkenal di Indonesia yaitu La Fonte. Dari namanya sih, Italiano banget ya, Be-emers?

Namun, La Fonte rupanya asli produk buatan Indonesia lho! Lebih tepatnya, La Fonte ini diproduksi oleh Bogasari Flour Mills milik PT Indofood Sukses Makmur Tbk.

Produksi pasta Bogasari ini bahkan sudah dimulai sejak tahun 1991 nih, Be-emers. Wah, siapa nih yang sering beli pasta merek La Fonte di swalayan?

Oh iya, selain Khong Guan dan La Fonte, ada sejumlah brand lain yang sering disangka produk lokal dan produk asing nih. Coba kita cari FUN FACT menariknya di video ini ya!
 


Jangan lupa like, comment, share, dan subscribe yaa, Be-emers.