Ramai Aplikasi Clubhouse, Hati-Hati Ada yang Palsu!

Clubhouse - Pinterest

Like

Siapa yang sudah download Clubhouse?

Aplikasi Clubhouse memang lagi populer banget sejak pertengahan Februari 2021 nih, Be-emers. Booming-nya Clubhouse juga dipicu sama Elon Musk yang diketahui terlibat percakapan dengan Bos Robinhood, yakni Vladimir Tenev.

Baca Juga: Viral di Medsos, Apa Sih Clubhouse Itu?

Sayangnya nih, popularitas Clubhouse ternyata juga dimanfaatkan sama sejumlah pelaku kejahatan siber lho!

Soalnya, saat ini Clubhouse baru bisa diakses sama pengguna iOS. Nah, dilansir dari Bisnis, para pelaku kejahatan siber ini diketahui telah menyebarluaskan aplikasi Clubhouse palsu buat pengguna Android nih, Be-emers.


Hal tersebut dilakukan untuk mencuri data pengguna Android yang “terjebak” dengan aplikasi Clubhouse palsu tersebut. Aktivitas itu dilakukan para hackers setelah pengguna memberikan akses lewat peraturan keamanan.

Enggak cuma itu, si aplikasi Clubhouse palsu ini juga bisa memperoleh titik lokasi perangkat kamu, baik secara kasar maupun akurat lho!

Terlebih, menurut pakar keamanan di Kaspersky bernama Denis Legezo, Clubhouse palsu juga bisa mereka audio dan video, serta mendapatkan akses ke messenger dan sebagainya. Waduh!

Lebih ngeri lagi nih, sejumlah trik yang “ekstrim” juga bisa dilakukan para hackers lewat Clubhouse palsu nih, Be-emers.

Misalnya, kalau si hackers punya kapasitas buat merekam audio dan fungsi ini diizinkan di perangkat kamu, besar kemungkinan mereka bisa menggunakan rekaman dengan kualitas tinggi buat melatih algoritma mesin mereka dan membuat deep fake yang lebih canggih!

Bahkan, para hackers tersebut juga bisa memanfaatkan undangan lho buat melakukan aksi kejahatannya. Jadi, mereka bakal menjual undangan (invitation) yang di dalamnya bakal disisipi virus atau malware.

Adapun, kalau kamu mau main Clubhouse, kamu harus dapat undangan dulu dari orang yang sudah punya akun di aplikasi itu, Be-emers.

Makanya, kamu harus selalu waspada ya sebelum ikutan install aplikasi Clubhouse! Selain itu, jaga terus pengaturan keamanan di smartphone kamu ya, Be-emers!