CFO GameStop Resign, Kenapa Ya?

Resign Illustration - Canva

Resign Illustration - Canva

Like

Setelah bikin heboh karena sahamnya yang melonjak di awal 2021, kini GameStop mendapat sorotan lagi nih, Be-emers. Chief Financial Officer (CFO) perusahaan ritel game itu resmi mengundurkan diri dari GameStop lho!

Waduh, kenapa ya?

Dilansir dari Forbes, kabar soal keluarnya CFO GameStop Jim Bell ini terjadi setelah masa-masa “rollercoaster” yang dialami GameStop. Saat itu, saham GameStop menjadi titik fokus banyak pihak, termasuk para investor ritel yang tergabung dalam komunitas WallStreetBets Reddit.

Baca Juga: Apa Saja yang Bisa Kita Pelajari dari ‘Pemberontakan’ Komunitas Reddit?

Bell dikabarkan The Wall Street Journal, akan mengundurkan diri pada 26 Maret 2021. Pihak GameStop belum memberikan keterangan alasan kepergian Bell.


Meskipun, pihaknya mengatakan kalau keluarnya Bell dari GameStop enggak terkait sama perselisihan dengan perusahaan atau operasi, kebijakan, atau prakteknya. GameStop justru memuji kontribusi Bell yang juga telah berusaha untuk berjuang selama setahun terakhir dalam pandemi Covid-19. bisnis
 

GameStop dan Bell dalam Tekanan

Di sisi lain, menurut sumber yang memberitahu Forbes, Bell dikeluarkan karena dewan kehilangan kepercayaan pada kemampuannya untuk membantu mengalihkan perusahaan ke fokus e-commerce lho, Be-emers!

Bell yang bergabung dengan GameStop sejak 2019 itu telah berjuang meningkatkan belanja online dan penjualan video game digital. Sayangnya, pemegang saham terbesar GameStop, yakni Ryan Cohen, telah mengkritik kepemimpinan perusahaan karena gagal merangkul ekonomi digital.

Kalau dilihat di tahun 2020, GameStop sebenarnya berada di bawah tekanan Ryan Cohen, yang notabene merupakan pendiri Chewy Inc. dan memegang 13 persen saham GameStop lewat RC Ventures LLC.

Nah, dari catatan The Wall Street Journal, RC Ventures pada November 2020 lalu mengirim surat kepada dewan GameStop dan mendesaknya untuk melakukan tinjauan strategis bisnis serta mengurangi ketergantungannya pada ritel fisik dengan fokus pada e-commerce.

Akhirnya, pada Januari 2021, GameStop dan RC Ventures setuju kalau Cohen mantan Chief Operating Officer Chewy Alan Attal dan mantan CFO Chewy Jim Grube akan menduduki kursi dewan. GameStop juga sepakat menghentikan ketentuan hingga rapat umum tahunan pada tahun 2022.
 

Mencari Sosok CFO GameStop Baru

Sebenarnya nih, kepergian Bell justru terjadi enggak lama setelah GameStop awal bulan ini mengumumkan beberapa karyawan baru untuk tim kepemimpinannya lho! Bahkan, di antaranya ada salah satu mantan eksekutif Amazon yakni Matt Francis.

Kabarnya sih, Matt bakal mengambil peran baru sebagai Chief Technology Officer (CTO) di GameStop. Terus, siapa yang bakal menggantikan Bell untuk menjadi CFO GameStop?

Menurut Analis Wedbush Securities Inc. Michael Patcher, GameStop harus mempertimbangkan CFO yang berpengalaman di sektor “bricks-and-mortar retailer” dengan operasi e-commerce yang kuat, untuk membantu mengembangkan digitalisasi yang lebih besar.

Direktur Pelaksana Telsey Advisory Group Joseph Feldman menilai, kemungkinan besar GameStop bakal mencari kepala keuangan dengan lebih banyak keahlian operasional daripada keterampilan keuangan. Soalnya, RC Ventures mendorong perubahan besar ke operasi yang lebih digital.

Adapun, saat ini GameStop memang masih mencari pengganti Bell. Kabarnya, GameStop telah berencana menunjuk Chief Accounting Officer (CAO) mereka bernama Diana Jajeh, untuk berperan sebagai CFO sementara kalau enggak menemukan pengganti permanen Bell.

Baca Juga: Anomali Saham GameStop, Begini Lho Kronologinya