Ini Hal yang Dibutuhkan UMKM untuk Go Digital

Digital Entrepreneur - Canva

Like

Saat kamu memutuskan untuk berbisnis, menyesuaikan usaha dengan perkembangan teknologi tentunya jadi kunci untuk bertahan nih. Begitu juga dengan langkah Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah yang perlu untuk Go Digital!

Pelaku UMKM perlu banget nih untuk memanfaatkan perangkat dan akses digital buat memaksimalkan penjualannya.

Kalau menurut Ketua Umum Indonesian E-Commerce Association (iDEA) Bima Laga, dikutip dari Bisnis, kemampuan dalam menguasai jaringan telekomunikasi jadi peran penting dalam upaya untuk mendigitalisasi nih, Be-emers.

Bahkan, Laga menilai, pihak UMKM juga perlu dipastikan skill-nya dalam menguasai jaringan telekomunikasi hingga ke pelosok lho!

Baca Juga: Begini Cara Memanfaatkan Media Sosial untuk Bisnis UMKM
 

Memudahkan UMKM

Di satu sisi, hal tersebut diyakini bisa memudahkan pihak UMKM buat menjual produknya di platform e-commerce. Selain itu, hal tersebut juga bisa memudahkan konsumen buat beli produk dagangan UMKM.


Bagi Bima, pengembangan UMKM melalui e-commerce juga merupakan tugas bagi para kemitraan swasta, pemerintah, hingga masyarakat nih. Ibaratnya nih, pendekatannya harus lebih terintegrasi.

Dalam kemitraan tersebut, pihak swasta atau e-commerce bisa memberi dukungan kepada UMKM dengan menyediakan:
  • infrastruktur elektronik
  • komersial
  • pelatihan

Dengan begitu, pihak UMKM pun bisa berkesempatan buat mengembangkan usaha. Selain itu, UMKM juga bisa menguatkan bisnisnya lewat ranah digital.

Sementara itu, dari sisi pemerintah, bisa memberikan dukungan dengan penguatan layanan infrastruktur telekomunikasi dan logistik nasional. Bima juga menilai, pemerintah bisa mendukung UMKM lewat regulasi yang mampu menciptakan iklim kondusif untuk pertumbuhan perdagangan di e-commerce.

Adapun, pihak UMKm juga harus mampu beradaptasi dan terus belajar buat mengembangkan bisnis di e-commerce. Misalnya, menurut Bima, dengan memastikan kualitas produk dan komunikasi yang baik dengan konsumen.

Baca Juga: Ini Alasan Pengelolaan Arus Kas Penting Bagi UMKM