Ini Alasan Pengelolaan Arus Kas Penting Bagi UMKM

Finance - Canva

Finance - Canva

Like
Buat kamu para pelaku UMKM, selain strategi bisnis, menjaga arus kas tetap stabil juga penting lho buat kelangsungan usaha kamu!

Apalagi, di era yang serba digital ini, kebutuhan platform digital untuk membantu arus kas UMKM pun makin tinggi. Hal itu mengingat, platform digital bisa memudahkan kamu dalam menjaga arus kas usaha nih, Be-emers.

Memang segitu pentingnya ya arus kas?

Penting banget dong!
 

Manfaat Pengelolaan Arus Kas yang Baik Buat UMKM

Soalnya, kalau kamu punya pengelolaan arus kas yang baik, UMKM enggak cuma bisa menjaga stabilitas bisnisnya. UMKM pun bisa memanfaatkan berbagai peluang pengembangan bisnis pun dapat diperoleh dengan lebih mudah.

Menurut COO KoinWorks Bernard Arifin, dikutip dari Bisnis, pengelolaan keuangan yang baik seperti salah satunya dengan mengelola & meningkatkan kelancaran arus kas bisnis bisa memberikan sejumlah keuntungan lainnya.

Misalnya, kamu jadi bisa memprediksi terjadinya kondisi shortfall pada bisnis. Atau bahkan, bisa jadi dasar pengambilan keputusan kamu untuk hal-hal terkait bisnis.

Bahkan, Bernard menilai, arus kas yang baik juga bisa meningkatkan reputasi usaha lho! Terutama, kalau kamu punya rencana untuk mengembangkan usaha baik melalui pengajuan kredit maupun kerjasama atau kolaborasi usaha.

Baca Juga: Tips Penyusunan Laporan Cash Flow sebagai Strategi Awal Ketahanan Keuangan Rumah Tangga
 

Tantangan Mengelola Arus Kas bagi UMKM

Di satu sisi, ternyata masih banyak nih UMKM yang punya masalah dan tantangan dalam mengelola arus kasnya. Salah satu yang paling sering terjadi adalah mencampur antara rekening dana pribadi juga rekening bisnisnya.

Padahal, hal itu sangat krusial lho! Kalau kamu memisahkan rekening usaha dengan pribadi, setiap pemasukan dan pengeluaran bisa tercatat dan terkelola dengan rapi, serta bisa memudahkan kamu saat melakukan analisa kondisi bisnis.

Selain itu, pihak KoinWorks juga menilai, tantangan lain yang sering dihadapi UMKM dalam mengelola arus kas yaitu terlambat dalam pembayaran invoice dari pelanggan.

Alhasil, uang yang telah dikeluarkan sebagai modal usaha untuk memenuhi pesanan dari pelanggan enggak bisa segera kembali digunakan untuk kebutuhan usaha deh.

Gimana, sudah mulai mengelola arus kas usaha kamu dengan baik belum nih, Be-emers?